Kenali dan Cegah Marek Disease Maupun Infectious Bronchitis Pada Broiler

By. Agritio Amanusa - 20 Mar 2023

Bagikan:
img

kateringmakanan.co.id - Marek Disease (MD) dan Infectious Bronchitis (IB) merupakan kedua penyakit menular yang sering terjadi dan menyebabkan kerugian pada peternak ayam broiler. Penyakit MD dan IB merupakan penyakit yang dapat dihindari dengan melakukan vaksinasi dan menjaga kebersihan lingkungan kandang. Berikut merupakan ulasan terkait Marek Disease dan Infectious Bronchitis.

 

Baca Juga: Faktor Yang Menyebabkan Terjadinya Penyakit Menular Pada Broiler

 

Marek's disease adalah penyakit menular pada ayam broiler yang disebabkan oleh virus herpes. Gejala pada broiler termasuk penurunan produksi daging, kesulitan berjalan, dan paralisis. Penyakit Marek Disease dapat menyebar melalui debu dan kotoran yang terkontaminasi. Pencegahan dari penyakit ini dapat dilakukan dengan mengadakan program vaksinasi terjadwal secara rutin dan serentak serta melalui praktik manajemen pemeliharaan broiler yang higienis untuk membantu mencegah penyebaran penyakit ini.

 

Baca Juga: Ketahui Penyebab Terjadinya Penyakit Pada Broiler

 

Infectious bronchitis, merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh coronavirus, famili coronavidae. Penyakit ini telah lama terjadi pada tahun 1977 silam. Gejala penyakit IB pada broiler meliputi batuk, bersin, dan penurunan performa. Penyakit ini dapat menular melalui kontak langsung secara horizontal dengan ayam yang terinfeksi atau melalui udara. Vaksinasi secara rutin sesuai jadwal yang dilakukan secara serentak serta praktik manajemen pemeliharaan broiler yang higienis dapat membantu mencegah penyebaran penyakit ini.

 

Baca Juga: Perbedaan Penyakit Yang Menjangkit Ayam Broiler

 




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp