Upaya Pencegahan Penyakit Kardiovaskular Pada Broiler

By. Agritio Amanusa - 20 Mar 2023

Bagikan:
img

kateringmakanan.co.id - Penyakit kardiovaskular adalah penyakit tidak menular yang kerap kali menyerang ayam broiler. Penyakit ini merupakan penyakit yang menghambat fungsi dan sistem jantung serta pembuluh darah pada broiler. Penyakit ini memiliki ciri sebagai berikut: kematian mendadak pada broiler, pembengkakan di bawah kulit dan hilangnya nafsu makan broiler. Untuk menghindari penyakit kardovaskular, peternak dapat melakukan upaya sebagai berikut:

Baca Juga: Inilah Penyakit Menular Pada Broiler Yang Wajib Diketahui Peternak

1. Pemilihan pakan dengan nutrisi yang tepat

Pastikan broiler diberi pakan yang kaya nutrisi dan sesuai untuk mencukupi kebutuhan hidupnya. Pemberian pakan yang sesuai menyebabkan keseimbangandalam tubuh sehingga dapat meminimalisir terjadinya penyakit kardiovaskular. Hindari  juga pemberian pakan yang mengandung bahan kimia berbahaya.

Kontrol berat badan: Penggemukan berlebih pada broiler dapat meningkatkan risiko masalah kardiovaskular. Pastikan broiler Anda memiliki berat badan yang sehat dan ideal untuk usia mereka.

2. Perawatan kandang

Kondisi lingkungan kandang yang higienis dapat membantu mencegah masalah kardiovaskular pada broiler. Peternak harus selalu memperhatikan kebersihan, suhu dan kelembaban kandang untuk menghindari terjadinya cekaman yang dapat memicu penyakit kardiovaskular pada broiler.

Baca Juga: Jenis Penyakit Yang Harus Diketahui Peternak

3. Pemberian air minum yang cukup

Air minum pada peternakan broiler umumnya diberikan secaa ad libitum yaitu dialiri secara terus menerus di tempat minum untuk memastikan kecukupan air minum bagi broiler.

4. Memperhatikan Kepadatan Kandang

Kandang yang terlalu padat memungkinkan broiler untuk pasif dan tidak banyak bergerak sehingga memungkinkan terjadinya obesitas yang dapat memicu penyakit kardiovaskular.

Baca Juga: Sebab Terjadinya Penyakit Ayam Broiler




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp