Ketahui Cekaman Panas dan Dampaknya Pada Broiler

By. Agritio Amanusa - 20 Mar 2023

Bagikan:
img

kateringmakanan.co.id - Cekaman panas pada broiler merupakan salah satu masalah penting yang harus diperhatikan oleh peternak. Cekaman panas dapat mempengaruhi kesehatan, kesejahteraan, dan produktivitas broiler. Cekaman panas pada broiler terjadi ketika suhu lingkungan di sekitar kandang melebihi batas toleransi tubuh ayam. Ayam broiler memiliki suhu tubuh yang optimal sekitar 40-42 derajat Celsius. Ketika suhu lingkungan melebihi suhu tubuh ayam, maka ayam akan mengalami stres panas.

Baca Juga: Inilah Penyakit Menular Pada Broiler Yang Wajib Diketahui Peternak

Stres panas dapat menyebabkan penurunan produktivitas yang berdampak pada penurunan berat badan sehingga mengakibatkan penurunan kualitas daging. Pada kasus yang parah, ketika tidak ditangani dan dicegah dengan baik cekaman atau stres panas juga dapat meningkatkan persentasi kematian ayam. Selain itu, stres panas juga dapat meningkatkan kerentanan ayam terhadap infeksi dan penyakit.

Terdapat berbagai dampak yang dapat terjadi ketika broiler terkena cekaman panas meliputi :

1. Produksi

Ternak yang terkena cekaman panas akan turun produktivitasnya dan dampak yang akan terlihat yaitu turunnya bobot broiler jauh dari standar. Ayam yang terkena cekaman panas mengalami penurunan nafsu makan sehingga konsumsi nutrien yang diperlukan dalam pembentukan daging menjadi menurun. Selain penurunan bobot, broiler yang terkena cekaman panas juga akan menurun kualitas dagingnya ditandai dengan kenaikan kadar lemak, warna menjadi pudar dan konsistensi daging yang kurang baik.

Baca Juga: Jenis Penyakit Yang Harus Diketahui Peternak

2. Kesehatan

Cekaman panas yang terjadi pada ayam broiler dapat juga mengganggu kesehatan ternak. Broiler yang terkena cekaman panas seringnya mengalami dehidrasi, kehilangan elektrolit sehingga berdampak pada penurunan fungsi organ dalam tubuh. Ketika ayam dalam kondisi seperti ini, imunitas ayam akan turun sehingga ayam rentan terkena infeksi baik dari virus maupun bakteri. Penyakit yang dapat menyerang ayam ketika terjadi cekaman panas contohnya kolera dan Newcastle Disease (ND).

3. Kesejahteraan

Cekaman panas yang terjadi pada broiler dapat menurunkan kesejahteraan ternak. Ketika ayam terkena cekaman panas, tubuh ayam akan otomatis melakukan respon terhadap kondisi cekaman panas yang dialami. Respon yang akan terlihat dan dapat kita amati yaitu adanya perubahan perilaku dimana ayam akan cenderung menjauh dari temannya dan terlihat gelisah. Sementara itu, respon lain yang terjadi di tubuh ayam dapat berupa peningkatan denyut jantung serta pernapasan ayam menjadi lebih cepat (ayam mengalami panting) dan juga terjadinya rontok bulu yang menempel pada tubuh.

Baca juga: Efek Prebiotik terhadap Peningkatan Kualitas Karkas Broiler




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp