Hal Penting Dalam Meracik Ramuan Herbal Untuk Broiler

By. Agritio Amanusa - 21 Mar 2023

Bagikan:
img

kateringmakanan.co.id - Cara untuk memberikan herbal pada ayam broiler antara lain: menambahkan herbal ke dalam makanan ayam broiler, dimana herbal yang telah dihaluskan dapat dicampurkan ke dalam makanan ayam broiler. Kedua yaitu dengan memberi ramuan herbal melalui pencampuran ke air minum dan ketiga melakukan pemberian dengan dicampur ke dalam pakan. Berikut ini merupakan beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pemberian herbal ke ayam broiler:

Baca Juga: Waspadai Obesitas dan Kardiovaskular, Penyakit Tidak Menular Pada Broiler

1. Persiapan bahan-bahan herbal
Pilihlah bahan herbal yang sesuai untuk broiler. Beberapa bahan herbal yang biasanya digunakan untuk broiler adalah kunyit, jahe, temulawak, sambiloto, kayu manis, dan kencur. Bahan-bahan herbal tersebut bisa diberikan dalam bentuk segar atau kering, dan pastikan untuk cuci bahan tersebut agar tidak terkontaminasi zat yang berbahaya bagi ternak

2. Proses perebusan bahan herbal
Setelah bahan herbal sudah dipersiapkan, rebus bahan herbal dalam air selama 15-30 menit. Hal ini bertujuan untuk mengekstrak zat-zat yang terkandung dalam bahan herbal. Gunakan air secukupnya untuk membuat hasil akhir yang tidak terlalu encer.

Baca Juga: Mengenal Coryza dan Kolera Pada Broiler

3. Tambahkan gula atau madu
Untuk memberi cita rasa dan  meningkatkan daya tarik broiler terhadap ramuan herbal, gula atau madu dapat ditambahkan ke dalam ramuan herbal sebanyak 1-2 sendok teh

4. Tunggu hingga dingin
Setelah ramuan herbal sudah direbus dan ditambahkan gula atau madu, tunggu hingga dingin. Pastikan untuk tidak memberikan ramuan herbal yang masih panas pada broiler karena dapat menyebabkan gangguan dalam saluran pencernaan.

Baca Juga: Cara Mengatasi Cekaman Panas Bagi Peternak Broiler

5. Berikan pada broiler secara teratur
Setelah ramuan herbal sudah dingin, ramuan dapat dicampurkan dengan pakan broiler maupun air minum. Pastikan ramuan herbal tercampur merata dengan pakan agar broiler mendapatkan manfaat secara maksimal. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, ramuan herbal pada broiler dapat diberikan  secara teratur, misalnya 2-3 kali dalam seminggu dalam rangkan meningkatkan kesehatan dan produktivitas broiler. 

Baca Juga: Dampak Cekaman Panas Terhadap Karkas Broiler




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp