Ketahui Kandungan Nutrisi Pada Dada Ayam

By. Agritio Amanusa - 28 Mar 2023

Bagikan:
img

kateringmakanan.co.id - Dada ayam adalah bagian karkas ayam broiler yang banyak digemari masyarakat di seluruh dunia. Dada ayam mengandung nutrisi penting yang dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Berikut merupakan kandungan nutrisi pada dada ayam dan manfaatnya bagi kesehatan:

Baca Juga: Tips Tetap Sehat Dalam Konsumsi Daging Ayam

1. Protein
Dada ayam merupakan sumber protein yang sangat baik. Sebuah dada ayam yang berukuran sedang mengandung sekitar 27 gram protein. Protein adalah nutrisi penting yang digunakan oleh tubuh untuk membangun dan memperbaiki jaringan tubuh, termasuk otot, tulang, dan kulit. Selain itu, protein juga membantu mempertahankan keseimbangan cairan tubuh, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan menghasilkan hormon dan enzim.

2. Vitamin B
Dada ayam juga mengandung vitamin B yang penting, seperti vitamin B6 dan vitamin B3. Vitamin B6 membantu dalam pembentukan sel darah merah, meningkatkan fungsi otak, dan meningkatkan metabolisme tubuh. Vitamin B3 membantu dalam memproduksi energi dan menjaga kesehatan sistem pencernaan.

Baca Juga: Tips Memasak Daging Ayam Dengan Sehat

3. Selenium
Dada ayam mengandung mineral selenium yang penting untuk tubuh. Selenium adalah antioksidan yang membantu melindungi tubuh dari kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas. Selain itu, selenium juga membantu meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh, meningkatkan kesehatan jantung, dan meningkatkan fungsi tiroid.

4. Fosfor
Dada ayam juga merupakan sumber fosfor yang baik. Fosfor penting untuk kesehatan tulang dan gigi yang kuat, serta membantu dalam proses metabolisme tubuh.

Baca Juga: Uji Protein Daging Ayam Di Pasaran

5. Lemak
Dada ayam mengandung sedikit lemak jenuh, tetapi banyak mengandung asam lemak tak jenuh tunggal dan ganda yang sehat untuk jantung. Asam lemak tak jenuh membantu meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan kolesterol jahat, serta membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

6. Kalium
Dada ayam juga mengandung kalium yang penting untuk fungsi jantung, otot, dan sistem saraf. Kalium membantu menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh dan membantu mengatur tekanan darah.




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp