Hindari Mencuci Daging Ayam Sebelum Memasak

By. Agritio Amanusa - 29 Mar 2023

Bagikan:
img

kateringmakanan.co.id -  Mencuci daging ayam sebelum memasak merupakan kebiasaan yang masih dilakukan oleh banyak orang. Namun, beberapa ahli makanan  menyarankan agar kita tidak mencuci daging ayam sebelum memasaknya. Berikut adalah beberapa alasan mengapa kita sebaiknya tidak mencuci daging ayam sebelum memasaknya.

Baca juga: Standar Nasional Indonesia Pada Karkas Broiler 

1. Meningkatkan risiko kontaminasi silang
Mencuci daging ayam sebelum memasak dapat meningkatkan risiko kontaminasi silang. Ini karena mencuci daging ayam dapat menyebar bakteri seperti Salmonella dan Campylobacter ke permukaan dapur, alat masak, dan bahkan pakaian Anda. Jika Anda tidak membersihkan dapur, alat masak, atau pakaian dengan benar, bakteri ini dapat menyebar ke makanan lain dan menyebabkan keracunan makanan.

2. Tidak membantu membunuh bakteri
Mencuci daging ayam sebelum memasak tidak akan membantu membunuh bakteri yang ada pada daging. Faktanya, air yang digunakan untuk mencuci daging ayam dapat menyebarkan bakteri ke permukaan lain seperti yang telah disebutkan di atas. Bakteri yang ada pada daging ayam hanya bisa dibunuh dengan cara memasaknya dengan suhu yang tepat.

Baca Juga: Tips Memasak Daging Ayam Dengan Sehat

3. Mengurangi kualitas rasa
Mencuci daging ayam sebelum memasak juga dapat mengurangi kualitas rasa dan tekstur daging. Ini terjadi karena mencuci daging ayam akan menghilangkan sebagian dari kelembaban dan jus alami yang terkandung dalam daging. Sebagai hasilnya, daging ayam dapat menjadi lebih kering dan kurang lezat.

4. Mencuci daging ayam tidak dianjurkan oleh para ahli kesehatan
Para ahli kesehatan dan lembaga kesehatan, seperti Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) dan Centers for Disease Control and Prevention (CDC), menyarankan agar tidak mencuci daging ayam sebelum dimasak. Hal ini dikarenakan mencuci daging ayam tidak akan membersihkan bakteri sepenuhnya dan justru bisa menyebar bakteri ke permukaan yang lebih luas.

Baca Juga: Ketahui Faktor Dalam Merebus Daging Ayam

Mencuci daging ayam sebelum dimasak sebaiknya dihindari karena bisa menimbulkan risiko kesehatan yang tidak terduga. Sebaiknya, pastikan daging ayam yang akan dimasak telah disimpan dengan benar dan dimasak dengan suhu yang cukup secara merata agar bakteri yang mungkin ada di dalamnya mati sepenuhnya.




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp