Waspadai Penyebab Jamur Pada Daging Ayam

By. Agritio Amanusa - 30 Mar 2023

Bagikan:
img

kateringmakanan.co.id - Daging ayam merupakan salah satu sumber protein hewani yang sering dikonsumsi oleh masyarakat. Namun, seperti halnya dengan makanan lainnya, daging ayam dapat terkontaminasi oleh berbagai jenis mikroorganisme, termasuk jamur. Kontaminasi jamur pada daging ayam dapat menyebabkan keracunan makanan dan dapat memberi dampak buruk pada kesehatan manusia. Kontaminasi jamur pada daging ayam dapat terjadi pada berbagai tahap, mulai dari produksi hingga pengolahan dan penyimpanan. Beberapa faktor  dapat menyebabkan kontaminasi jamur pada daging ayam. Berikut ini merupakan penyebab kontaminasi jamur pada daging ayam:

Baca Juga: Ketahui Syarat Ideal Kemasan Daging Ayam

1. Kondisi sanitasi yang buruk

Kebersihan dan sanitasi yang buruk pada tempat produksi atau pengolahan daging ayam dapat menyebabkan kontaminasi oleh berbagai jenis mikroorganisme, termasuk jamur.

2. Kelembaban dan suhu yang tidak sesuai

Kelembaban dan suhu yang tidak sesuai pada saat penyimpanan atau pengangkutan daging ayam dapat menyebabkan pertumbuhan jamur yang cepat.

Baca Juga: Beberapa Hal Yang Mempengaruhi Kerusakan Daging Ayam

3. Umur ayam

Daging ayam yang berasal dari ayam yang lebih tua cenderung lebih mudah terkontaminasi oleh jamur.

4. Pengolahan yang tidak tepat

Pengolahan daging ayam yang tidak tepat, seperti tidak dimasak dengan suhu yang cukup tinggi, dapat menyebabkan pertumbuhan jamur pada daging ayam.

Baca Juga: Standar Nasional Indonesia Pada Karkas Broiler




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp