Beragam Jenis Jamur Yang Dapat Muncul Pada Daging Ayam

By. Agritio Amanusa - 30 Mar 2023

Bagikan:
img

kateringmakanan.co.id - Daging ayam adalah salah satu sumber protein hewani yang sering dikonsumsi dan digemari oleh masyarakat. Namun, seperti halnya dengan makanan lainnya, daging ayam dapat terkontaminasi oleh berbagai jenis mikroorganisme, termasuk jamur. Kontaminasi jamur pada daging ayam dapat menyebabkan keracunan makanan dan dapat berdampak buruk pada kesehatan manusia. Berikut merupakan jenis jamur yang dapat mengkontaminasi daging ayam:

Baca Juga: Standar Nasional Indonesia Pada Karkas Broiler

1. Aspergillus
Jamur ini dapat tumbuh pada makanan dengan kelembaban yang tinggi dan dapat menghasilkan aflatoksin yang dapat menyebabkan keracunan makanan jika dikonsumsi dalam jumlah yang tinggi.

2. Penicillium
Jamur ini dapat tumbuh pada makanan dengan kadar garam yang tinggi, seperti pada produk olahan daging. Beberapa jenis Penicillium juga dapat menghasilkan toksin yang dapat menyebabkan keracunan makanan.

Baca Juga: Kenali Macam Jenis Kontaminan Daging Ayam Broiler

3. Cladosporium
Jamur ini dapat tumbuh pada makanan dengan kelembaban yang tinggi dan dapat menyebabkan keracunan makanan jika dikonsumsi dalam jumlah yang tinggi.

4. Fusarium
Jamur ini dapat tumbuh pada makanan dengan kelembaban yang tinggi dan dapat menghasilkan toksin yang dapat menyebabkan keracunan makanan jika dikonsumsi dalam jumlah yang tinggi.

Baca Juga: Kenali Bakteri Yang Dapat Mencemari Daging Ayam

5. Mucor
Jamur ini dapat tumbuh pada makanan dengan kelembaban yang tinggi dan dapat menyebabkan keracunan makanan jika dikonsumsi dalam jumlah yang tinggi.

Penting untuk memastikan bahwa daging ayam yang dikonsumsi dalam kondisi segar dan diolah dengan benar untuk mencegah pertumbuhan jamur dan risiko keracunan makanan.




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp