Ketahui Penyebab Kenaikan Harga Pakan Ternak

By. Agritio Amanusa - 04 Apr 2023

Bagikan:
img

kateringmakanan.co.id - Harga pakan ternak yang mengalami peningkatan dapat menjadi masalah serius bagi para peternak, karena hal tersebut dapat mengakibatkan meningkatnya biaya produksi dan mengurangi keuntungan yang diperoleh. Beberapa faktor yang dapat menyebabkan naiknya harga pakan ternak adalah sebagai berikut:

Baca Juga: Cara Mudah Pengasapan Daging Ayam

1. Kenaikan harga bahan baku
Bahan baku yang digunakan untuk membuat pakan ternak, seperti jagung, kedelai, tepung ikan, dan tepung tulang, adalah faktor utama yang menentukan harga pakan ternak. Jika harga bahan baku tersebut naik, maka harga pakan ternak juga akan naik. 

2. Permintaan pasar yang tinggi
Permintaan pasar yang tinggi dapat menyebabkan kenaikan harga pakan ternak. Hal ini terjadi ketika kebutuhan pakan ternak meningkat dan persediaan bahan baku pakan tidak mencukupi untuk memenuhi permintaan pasar.

Baca Juga: Hindari Konsumsi Daging Ayam Yang Tidak Layak Berikut Ini

3. Fluktuasi mata uang 
Fluktuasi nilai tukar mata uang dapat memengaruhi harga pakan ternak. Jika nilai tukar mata uang suatu negara turun, maka harga bahan baku impor yang digunakan dalam pembuatan pakan ternak akan meningkat, sehingga harga pakan ternak juga akan naik.

4. Perubahan iklim
Perubahan iklim dapat memengaruhi ketersediaan bahan baku pakan ternak. Jika terjadi cuaca yang buruk seperti kekeringan atau banjir, maka produksi bahan baku pakan ternak akan menurun. Hal ini akan berdampak pada kenaikan harga pakan ternak karena ketersediaan bahan baku pakan ternak yang lebih sedikit.

Baca Juga: Panduan Tepat Dalam Menyimpan Daging Ayam

5. Kenaikan biaya transportasi dan distribusi
Kenaikan biaya transportasi dan distribusi juga dapat menyebabkan naiknya harga pakan ternak. Jika biaya transportasi dan distribusi naik, maka biaya produksi pakan ternak akan meningkat, dan ini akan berdampak pada kenaikan harga pakan ternak. Perubahan kebijakan pemerintah

6. Perubahan kebijakan pemerintah dalam bidang pertanian atau perdagangan internasional dapat memengaruhi harga bahan baku pakan ternak. Jika ada kebijakan yang mengatur ekspor atau impor bahan baku pakan ternak, maka hal ini dapat memengaruhi harga bahan baku dan akhirnya berdampak pada kenaikan harga pakan ternak.




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp