Manfaat Cabai Untuk Tubuh Kita

By. Danan - 30 Jan 2023

Bagikan:
img

Cabai merupakan salah satu komoditas penting dalam sayuran. Banyak jenis cabai yang ada di Indonesia diantaranya cabai besar (Capsicum annuum), cabai kecil (Capsicum frutescens), Capsicum chinense, Capsicum baccatum, dan Capsicum pubescens. Cabai biasanya digunakan sebagai bumbu dapur dikarenakan memiliki rasa pedas yang dapat menambah selera makan, tapi disamping sebagai bumbu dapur banyak maanfaat dari cabai untuk tubuh kita. Berikut adalah mandaat cabai untuk tubuh kita
1. Meningkatkan Imunitas Tubuh
Kandungan vitamin C yang terdapat pada cabai bermanfaat untuk meningkatkan imunitas tubuh. Selain itu, vitamin C juga dikenal baik untuk kesehatan kulit

2. Mencegah Kanker
Kandungan karotenoid pada cabai memiliki sifat antioksidan, sehingga dapat melawan sel-sel penyebab kanker. Namun, perlu dilakukan penelitian lebih lanjut terkait peranan cabai dalam melawan sel kanker.

3. Menjaga Kadar Gula Darah
Cabai juga memberikan manfaat berupa menjaga kadar gula darah. Sekali lagi, ini berkat kandungan capsaicin yang terdapat di dalam cabai. Capsaicin berpotensi menurunkan kadar gula darah. Tak hanya itu, capsaicin bersifat antidiabetik dan dipercaya memberi efek positif bila dikonsumsi oleh pasien diabetes tipe 1.

4. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung
Dengan kandungan vitamin B6, asam folat, kalium, dan beta-karoten yang terdapat pada cabai, Anda dapat terhindar dari serangan jantung.Vitamin B juga dapat mengurangi kadar homosistein. Tingginya kadar homosistein dapat merusak pembuluh darah dan meningkatkan risiko stroke serta serangan jantung.

5. Melancarkan Peredaran Darah
Bubuk cabai secara empiris dan uji klinis, berkhasiat untuk melencarkan peredaran darah. Kesimpulan ini diambil dengan melihat efek penurunan kadar kolesterol dan pembersihan pembuluh darah setelah mengonsumsi ramuan bubuk cabai. Dengan efek tersebut, simplisia bubuk cabai sekarang sering dipakai untuk menurunkan tekanan darah, kadar dan kolesterol tinggi.

 

Image by Racool_studio on Freepik



    Tags :


Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp