5 Bahan Makanan Murah yang Kaya Protein

By. Novian - 17 Feb 2023

Bagikan:
img

kateringmakanan.co.id - Bentuk tubuh yang ideal tentu merupakan impian setiap orang. Untuk bisa mendapatkan bentuk tubuh impian tersebut seseorang akan melakukan berbagai cara untuk membentuk tubuh. Seperti contohnya pergi ke gym, street workout ataupun ke sanggar senam. Selain berolahraga rutin, mencukupi kebutuhan protein juga perlu untuk mendapatkan tubuh ideal. Berikut ini kami sampaikan pilihan bahan makanan yang murah untuk menunjang kebutuhan protein kamu.

Baca juga: 4 Makanan & Minuman Rendah Lemak yang Baik untuk Tubuh

1. Tahu

Tahu berasal dari kedelai yang mudah diolah. Di dalam satu porsi tahu atau sekitar setengah cangkir, terdapat 10 gram protein dan 0,5 gram serat. Jika dibandingkan antara tempe dan tahu, tempe lebih banyak mengandung gizi yang padat. Jumlah lemak, karbohidrat, kalori, protein, dan serat dalam tempe juga lebih banyak. Namun, tahu mengandung isoflavon yang dapat mengaktifkan estrogen dalam tubuh. 100 gram tahu mengandung sekitar 20 mg isoflavon.

2. Tempe

Tempe terbuat dari biji kedelai yang difermentasi. Tempe memiliki kandungan yang sama seperti edamame. Artinya, tempe juga merupakan bahan makanan yang mengandung protein. Menurut United State Departement of Agriculture (USDA), tempe mengandung protein berkualitas tinggi, yaitu 20 gram protein dalam 3,5 ons tempe. Untuk konsumsi makanan protein ini, Anda bisa menumis atau menjadikannya sup. Hal tersebut membuat tempe lebih praktis untuk dikonsumsi dibandingkan harus memasak daging.

Baca juga: Manfaat Kencur Untuk Masakan dan Kesehatan

3. Telur

Makanan penambah massa otot yang pertama adalah telur. Dilansir dari laman Medical News Today, telur rebus mengandung 6,28 g protein. Telur mengandung asam amino leusin, yang menurut penelitian penting untuk sintesis otot. Telur juga merupakan sumber vitamin B yang dibutuhkan manusia untuk menghasilkan energi.

4. Susu

Susu mengandung 20% laktoserum dan 80% kasein yang merupakan asam amino esensial yang dibutuhkan oleh tubuh. Seliter susu mengandung sekitar 30 gram protein tinggi yang baik untuk menambah berat badan dan meningkatkan massa otot. Konsumsilah 1 gelas susu per hari untuk membentuk otot secara optimal.

5. Dada Ayam

Makanan penambah massa otot yang kedua yaitu ayam. Dada ayam ukuran sedang tanpa kulit seberat 120 g mengandung 35,5 g protein. Ayam tanpa kulit adalah sumber protein rendah lemak yang dapat ditambahkan dengan mudah ke berbagai makanan dan resep.

Baca juga: Manfaat Beras Merah Untuk Tubuh


    Tags :


Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp