Kenali Bahaya Senyawa PAH Pada Daging Ayam Agar Tetap Sehat

By. Agritio Amanusa - 27 Apr 2023

Bagikan:
img

kateringmakanan.co.id - PAH (Polycyclic Aromatic Hydrocarbons) merupakan senyawa organik yang terbentuk melalui pembakaran bahan organik seperti kayu, batubara, minyak bumi serta bahan bakar fosil lainnya. Senyawa ini dapat terbentuk pada saat pengolahan makanan, termasuk saat memanggang atau menggoreng daging. PAH pada daging ayam dapat membahayakan kesehatan jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan.

Baca Juga: Berikut Ini Penjelasan Kadar Air Daging Ayam Yang Harus Diketahui

PAH pada daging ayam dapat terbentuk selama proses pemanggangan atau penggorengan, terutama jika daging terkena api secara langsung atau bahan bakar yang digunakan untuk memasak mengandung senyawa PAH. PAH pada daging ayam dapat memicu kanker, terutama kanker lambung, usus besar, dan paru-paru.

Beberapa cara untuk mengurangi paparan PAH pada daging ayam adalah dengan mengurangi paparan api langsung saat memanggang atau menggoreng daging ayam. Jangan menggunakan bahan bakar yang mengandung senyawa PAH seperti kayu atau arang. Selain itu, hindari mengkonsumsi bagian yang terlalu hangus atau gosong pada daging ayam.

Baca Juga: Inilah Lama Waktu Ideal Untuk Brining Daging Ayam

Penting juga untuk memastikan bahwa daging ayam yang dikonsumsi berasal dari sumber yang aman dan sehat. Pastikan daging ayam yang dibeli segar dan bebas dari bahan kimia yang berbahaya. Selalu cuci tangan dengan baik sebelum dan setelah menangani daging ayam untuk menghindari kontaminasi.

Dalam rangka mengurangi paparan PAH pada daging ayam, ada beberapa cara memasak alternatif yang lebih sehat dan lebih aman. Misalnya, memanggang atau memasak daging ayam dalam oven, microwave, atau dengan menggunakan teknik memasak lainnya seperti merebus atau menumis dengan sedikit minyak.

Baca Juga: Berikut Ini Penjelasan Brining Daging Ayam Berdasarkan Jurnal

PAH pada daging ayam merupakan senyawa berbahaya bagi kesehatan dan dapat meningkatkan risiko terkena kanker. Oleh karena itu, perlu untuk menghindari paparan PAH saat memasak daging ayam dan memilih metode memasak yang lebih sehat dan aman. Penting juga untuk membeli daging ayam yang segar dan bebas dari bahan kimia yang berbahaya untuk kesehatan.




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp