3 Manfaat Yoghurt bagi Kesehatan

By. Novian - 17 Feb 2023

Bagikan:
img

kateringmakanan.co.id - Yoghurt merupakan salah satu produk olahan susu yang dibuat dengan proses fermentasi menggunakan bakteri asam laktat Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophillus dengan atau tanpa penambahan bakteri asam laktat lainnya.

Yoghurt mengandung probiotik yang baik untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. Yoghurt juga mengandung beragam nutrisi yang baik untuk kesehatan.

Yoghurt memiliki kandungan karbohidrat, lemak, protein, vitamin B2, vitamin B12, vitamin D, fosfor, magnesium, dan kalium. Berikut ini adalah 3 manfaat mengonsumsi yoghurt untuk kesehatan tubuh.

Baca juga: 4 Makanan & Minuman Rendah Lemak yang Baik untuk Tubuh

1. Menjaga kesehatan pencernaan

Yoghurt mengandung bakteri baik atau probiotik yang dapat melindungi kesehatan sistem pencernaan dari beragam jenis penyakit seperti asam lambung, diare, radang usus, konstipasi, dan bahkan juga dipercaya sebagai obat alami untuk hernia.

Cara kerja probiotik adalah dengan menggantikan bakteri baik yang hilang dari dalam tubuh dan menyeimbangkan jumlah bakteri baik dan jahat yang hidup dalam sistem pencernaan sehingga saluran pencernaan tetap berfungsi secara normal.

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Konsumsi yoghurt secara rutin dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini disebabkan karena kandungan probiotik yang ada di dalam yoghurt mempunyai efek antiperadangan sehingga dapat mencegah tubuh terkena berbagai penyakit seperti radang usus dan infeksi virus.

Yoghurt juga mengandung vitamin D yang dipercaya dapat mencegah penyakit flu.

Baca juga: 5 Bahan Makanan Murah yang Kaya Protein

3. Menjaga kekuatan tulang

Yoghurt memiliki kandungan protein dan vitamin D yang baik untuk meningkatkan kepadatan tulang. Yoghurt baik dikonsumsi secara rutin untuk mencegah masalah pada tulang seperti osteoporosis.

Tekstur yoghurt yang kental dan lembut juga membuatnya mudah dicerna oleh tubuh, sehingga baik dikonsumsi juga oleh orang lanjut usia.

Yoghurt dapat dijadikan sebagai salah satu pilihan makanan sehat. Anda dapat mendapatkan manfaat yoghurt secara optimal dengan mengonsumsi yoghurt tawar. Anda dapat menikmatinya secara langsung atau dengan menambahkan beragam potongan buah dan kacang-kacangan.

Itu tadi beberapa manfaat mengonsumsi yoghurt untuk kesehatan tubuh.

Baca juga: Manfaat Kencur Untuk Masakan dan Kesehatan


    Tags :


Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp