Pisang Buah Tropis yang Banyak Manfaat

By. Danan - 24 Feb 2023

Bagikan:
img

Tanaman pisang (Musa spp.) merupakan tanaman yang sangat penting karena mempunyai nilai ekonomi yang tinggi. Pisang telah menjadi salah satu buah yang paling umum dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Buah ini memang tumbuh subur di negara-negara tropis, seperti Indonesia. Dengan berbagai kandungan nutrisinya, ada banyak manfaat pisang bagi kesehatan yang sayang untuk Anda lewatkan. Berikut ini adalah beberapa manfaatnya:


1. Sebagai sumber energi
Pisang dikenal sebagai sumber karbohidrat yang baik. Di dalam sebuah pisang terdapat sekitar 27 gram karbohidrat. Di dalam tubuh, karbohidrat akan dipecah menjadi glukosa yang merupakan sumber bahan bakar utama bagi tubuh. Karbohidrat juga dapat diubah menjadi glikogen, yaitu salah satu bentuk glukosa yang disimpan di otot serta hati dan digunakan sebagai energi selama beraktivitas.

2. Menurunkan risiko stroke
Faktanya, kalium yang terkandung dalam buah ini juga dapat membantu menurunkan risiko stroke. Terutama untuk wanita usia lanjut yang telah melewati masa menopause. Hal ini berhasil dibuktikan dalam sebuah penelitian.Dalam penelitian tersebut diketahui bahwa wanita pasca menopause yang rutin makan makanan tinggi kalium punya risiko lebih rendah untuk terkena stroke dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi makanan berkalium sama sekali.

3. Menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah
Kandungan kalium di dalam pisang dapat membantu fungsi pembuluh darah dalam mengangkut oksigen ke otak, menjaga kestabilan detak jantung, dan menurunkan tekanan darah. Pisang juga diketahui dapat mengurangi risiko stroke.

4. Mencegah kerusakan sel dan jaringan tubuh
Senyawa antioksidan yang terkandung di dalam pisang dapat mencegah kerusakan sel dan jaringan tubuh akibat radikal bebas, sehingga menurunkan risiko terkena berbagai penyakit seperti kanker.

5. Menurunkan berat badan
Pisang dikenal sebagai buah yang tinggi serat. Kandungan serat di dalamnya dapat memberikan efek kenyang lebih lama dan menahan nafsu makan, sehingga Anda pun tidak makan secara berlebihan. Inilah yang menjadi alasan mengapa pisang baik bagi Anda yang sedang menjalani program diet untuk menurunkan berat badan.


    Tags :


Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp