Inilah Ikan Laut Populer Yang Sering Dimakan

By. Nevanda - 22 Jun 2023

Bagikan:
img

kateringmakanan.co.id - Beberapa tahun terakhir ini pemerintah sedang gencar mengajak masyarakat untuk meningkatkan konsumsi ikan. GEMARIKAN (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan) merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mengajak masyarakat mengonsumsi ikan sebagai upaya peningkatan gizi sejak dini.

 

Tak bisa dipungkiri, ikan memang salah satu sumber protein hewani yang memiliki gizi yang sangat baik seperti asam lemak omega 3 dan 6 serta vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Lalu apa saja ikan sih ikan laut yang sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia? Berikut beberapa jenisnya:

 

Baca juga: 5 Keunggulan Metode Pembekuan Ikan


1.    Ikan Kembung
Ikan kembung banyak kita jumpai dijual dipasaran, harga jualnya pun terbilang cukup terjangkau bagi masyarakat. Berbanding terbalik dengan harga yang murah, ikan kembung justru kaya akan nutrisi yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuh.


2.    Tongkol
Tongkol merupakan salah satu jenis ikan pelagik yang banyak dijadikan komoditas tangkap di Indonesia. Ikan ini dapat ditangkap di seluruh perairan Indonesia sehingga sangat umum dikonsumsi oleh masyarakat.


3.    Tuna
Ikan pelagik lainnya yang sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia adalah ikan tuna. Secara fisik ikan tuna hampir mirip dengan ikan tongkol, namun ukuran tuna lebih besar disbanding tongkol. Tuna dapat tumbuh hingga mencapai bobot 450 kg dan Panjang hingga 3 meter.

 

Baca juga: Ketahui Waktu Terbaik Menangkap Cumi-Cumi Di Laut Jawa


4.    Cakalang
Satu lagi ikan yang mirip dengan tongkol, yaitu ikan cakalang. Perbedaan mendasar yang dapat dilihat adalah warna ikan cakalang yang lebih cerah disbanding ikan tongkol. Salah satu olahan ikan cakalang yang terkenaldari Minahasa Sulawesi Utara adalah Cakalang Fufu.


5.    Tenggiri
Ikan tenggiri seringkali dijadikan bahan olahan untuk membuat pempek atau siomay. Sekilas bentuk ikan ini mirip dengan tuna maupun tongkol, namun ikan tenggiri memiliki moncong yang lebih panjang dan tubuh yang lebih ramping.


6.    Baronang
Ikan baronang paling sering diolah menjadi ikan bakar. Ikan ini hidup disekitar ekosistem terumbu karang, jenisnya pun beragam mulai dari baronang tompel, baronang angin, baronang batik, baronang lada dan baronang susu. Ikan baronang memiliki bentuk tubuh yang pipih dengan warna yang cerah. 


Selain keenam jenis ikan tersebut, masih banyak lagi jenis ikan laut yang sering di konsumsi di Indonesia. Jadi ayo teman-teman jangan lupa untuk konsumsi ikan ya!

 

Baca juga: Berikut Ini Tips Memasak Hidangan Ayam Karaage Agar Lezat




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp