Terapi Medis dengan Bawang Merah

By. Danan - 24 Feb 2023

Bagikan:
img

Bawang merah merupakan salah satu komoditi hortikultura yang termasuk ke dalam sayuran rempah yang digunakan sebagai pelengkap bumbu masakan guna menambah citarasa dan kenikmatan masakan. Tanaman bawang merah diduga berasl dari Asia Tengah, terutama Palestina dan India, tetapi sebagian lagi memperkirakan asalnya dari Asia Tenggara dan Mediteranian. Pendapat lain menyatakan bawang merah berasal dari Iran dan pegunungan sebelah Utara Pakistan, namun ada juga yang menyebutkan bahwa tanaman ini berasal dari Asia Barat, yang kemudian berkembang ke Mesir dan Turki
Bawang merah bisa digunakan dalam terapi medis untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Berikut beberapa manfaatnya:

1. Mengatasi peradangan
Saat virus, bakteri, atau zat asing masuk tubuh, sistem kekebalan akan membuat antibodi untuk melawan zat yang mengancam tersebut. Namun, proses ini akan menghasilkan zat yang bisa menimbulkan peradangan. Nah, ketika peradangan terjadi dalam jangka panjang, risiko berbagai penyakit kronis akan meningkat, contohnya penyakit jantung dan kanker.

3. . Menurunkan demam
Sebenarnya bukan suatu penyakit, melainkan keadaan peningkatan suhu tubuh. Keadaan ini sering kali menjadi tanda adanya infeksi virus maupun bakteri pada tubuh. Setelah infeksi disembuhkan, suhu tubuh biasanya akan turun dengan sendirinya.

4. Mendukung kesehatan saraf dan otot
Bawang merah kaya akan kalium, yang fungsinya sangat vital bagi tubuh. Kalium dalam bawang merah memiliki khasiat mendukung otot dan saraf agar bisa bekerja dengan normal.

5. Mengobati cacingan
Bawang merah diketahui mengandung senyawa alisin dan aliin yang memiliki efek antelmintik, yakni mampu membunuh cacing. Kedua senyawa itu memiliki efek farmakologi yang hampir sama dengan obat sintetik pirantel famoat, yang juga sering dipakai sebagai obat anticacing.

Baca juga: Bawang Putih Bumbu Dapur yang Banyak Manfaat
 


    Tags :


Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp