Cara Membuka Cangkang Tiram dengan Benar

By. Nevanda - 23 Jun 2023

Bagikan:
img

kateringmakanan.co.id - Membuka cangkang tiram bisa menjadi proses yang rumit, tetapi dengan teknik dan alat yang tepat, kalian dapat melakukannya dengan sukses. Berikut ini beberapa tips untuk membantu kalian membuka tiram:


1. Kenakan sarung tangan yang kokoh atau gunakan handuk tebal untuk melindungi tangan kalian saat membuka tiram. Hal ini akan membantu mencegah terjadinya kecelakaan atau cedera.


2. Kalian akan membutuhkan pisau pembuka tiram atau pisau tumpul yang pendek, kokoh, dan memiliki ujung yang kuat. Hindari menggunakan pisau dapur biasa, karena bisa berbahaya dan kurang efektif untuk membuka cangkangnya.


3. Masukkan tiram ke dalam lemari es selama sekitar 30 menit sebelum dibuka. Mendinginkannya akan membantu mengendurkan otot-otot dan membuatnya lebih mudah dibuka.

 

Baca juga: 6 Potensi Limbah Udang yang Jarang Diketahui


4. Pegang tiram dengan sisi yang cembung menghadap ke bawah dan engselnya menghadap ke arah kalian. Gunakan handuk atau sarung tangan tiram untuk menggenggamnya dengan kuat. Hal ini akan memberikan stabilitas dan meminimalkan risiko pisau terlepas dari genggaman.


5. Engsel adalah titik di mana kedua cangkang terhubung. Masukkan ujung pisau pengupas ke dalam engsel, berikan tekanan lembut sambil menggoyangkan pisau ke depan dan ke belakang untuk menemukan titik yang tepat.


6. Setelah kalian menemukan engselnya, dorong pisau ke dalamnya dan putar sedikit untuk membongkar cangkangnya. Bersabarlah dan lakukan dengan lembut agar cangkang tidak pecah atau merusak tiram.


7. Setelah engselnya terbuka, geser pisau di sepanjang bagian dalam cangkang atas, pisahkan otot yang menghubungkannya dengan tiram. Hal ini mungkin memerlukan manuver dan pemotongan yang hati-hati.

 

Baca juga: 5 Kekurangan Metode Pembekuan Pada Ikan


8. Setelah cangkang atas terlepas, gunakan pisau untuk mengangkatnya dengan lembut, sehingga tiram terlihat. Berhati-hatilah agar tidak menumpahkan cairan yang berada di dalam.


9. Dengan cangkang atas yang telah dibuka, kalian akan melihat tiram masih menempel pada cangkang bawah. Geser pisau dengan hati-hati di bawah tiram, memutuskan otot yang menahannya di tempatnya. Hal ini akan memungkinkan kalian untuk mengangkat tiram dari cangkangnya.


10. Setelah tiram terlepas dari cangkangnya, kalian dapat menyajikannya di atas es batu atau piring saji. Kalian juga dapat menambahkan irisan lemon, saus koktail, atau saus mignonette untuk menambah cita rasa. Santaplah dalam keadaan segar atau bereksperimenlah dengan pelengkap yang berbeda.

 

Ingat, mengupas tiram membutuhkan latihan, jadi jangan berkecil hati jika kalian merasa kesulitan pada awalnya. Luangkan waktu kalian, berhati-hatilah, dan nikmati prosesnya.

 

Baca juga: Yuk Coba Buat Hidangan Tuna Cassarole




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp