Bawang Putih Bumbu Dapur yang Banyak Manfaat

By. Danan - 24 Feb 2023

Bagikan:
img

Bawang putih (Allium sativum L) merupakan salah tanaman sayuran umbi yang banyak ditanam diberbagai negara di dunia. Masyarakat pada umumnya hanya memanfaatkan bagian umbi saja, utamanya hanya sebagai bumbu dapur. Hasil penelitian para ahli menunjukkan bahwa bawang putih memiliki potensi sebagai bahan baku obat-obatan untuk menyembuhkan berbagai penyakit Bau yang menyengat pada bawang putih berasal dari kandungan sulfur organik, yang juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Berikut adalah manfaat dari bawang putih untuk tubuh

1. Menjaga kesehatan jantung
Sebuah studi menunjukkan bahwa suplemen yang mengandung ekstrak bawang putih dapat menurunkan kolesterol dan hipertensi, sehingga mampu menjaga kesehatan jantung. Selain itu, sel darah merah dapat mengubah kandungan sulfur dalam bawang putih menjadi gas hidrogen sulfida, yang berfungsi untuk melebarkan pembuluh darah.

2. Menurunkan kolesterol
Peneliti menemukan manfaat ini berasal dari kandungan allicin dalam bawang putih. Uniknya, allicin hanya akan diproduksi oleh bawang putih ketika siungnya dipotong, ditumbuk (uleg), atau dihancurkan dengan cara dikunyah. Allicin menghambat enzim yang berperan dalam pembuatan kolesterol.

3. Anti stress
Bawang putih ternyata mampu membantu melepaskan serotin atau zat yang mampu mengendalikan rasa cemas, murung, agresif, hingga stres. Kadar serotonin yang dilepaskan bawang putih bahkan tergolong cukup tinggi, sehingga bisa dipakai sebagai penenang karena memberikan efek menentramkan.

4. Menjaga kesehatan saluran pencernaan
Tak hanya baik untuk jantung, bawang putih juga baik untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan. Studi menunjukkan bahwa bawang putih dapat digunakan untuk mengurangi infeksi ba. kteri H. pylori di lambung.

5. Menjaga kesehatan otak
Ternyata makan bawang putih tidak cuma bermanfaat untuk kesehatan jantung, tapi juga otak. Sebuah tim peneliti dari Universitas Missouri menemukan bahwa turunan karbohidrat dalam bawang putih yang dikenal sebagai FruArg melindungi sel-sel otak terhadap efek penuaan dan penyakit. FruArg dilaporkan mengurangi kadar oksida nitrat yang diproduksi oleh sel mikroglia di dalam otak selama melawan peradangan dan stres oksidatif.

Baca juga: Coto Makasar Makanan Tradisional Makassar
 


    Tags :


Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp