Ternyata Seperti Ini Cara Pembuatan Saus Tiram

By. Nevanda - 26 Jun 2023

Bagikan:
img

kateringmakanan.co.id - Saus tiram adalah bumbu yang populer dalam masakan Asia yang dikenal karena rasanya yang kaya dan gurih. Saus ini biasanya dibuat dari tiram, bersama dengan bahan-bahan lain yang meningkatkan cita rasanya. Berikut ini adalah proses umum untuk membuat saus tiram:

 

1.    Memilih tiram
Pilih tiram yang segar dan padat untuk mendapatkan rasa terbaik. Tiram harus memiliki bau yang bersih dan segar serta bebas dari bau yang tidak sedap.


2.    Membuka tiram 
Gunakan pisau tiram untuk membuka tiram dengan hati-hati, berhati-hatilah agar tidak merusak dagingnya yang lembut. Kumpulkan daging tiram dan buang cangkangnya.

 

Baca juga: 5 Alasan Pengalengan Ikan Adalah Pengawetan Yang Tepat


3.    Merebus tiram
Masukkan daging tiram ke dalam air mendidih selama beberapa saat (biasanya sekitar 1-2 menit) untuk memasaknya sebagian. Hal ini membantu menghilangkan kotoran dan meningkatkan cita rasanya.


4.    Mengekstrak sari tiram
Tiriskan daging tiram yang telah direbus dan pindahkan ke kain katun tipis atau saringan halus. Peras atau tekan daging tiram untuk mengekstrak sari tiram sebanyak mungkin. Kumpulkan cairannya, yang akan digunakan sebagai bahan dasar saus.


5.    Menyusutkan sari tiram
Tuang sari tiram yang telah diekstrak ke dalam panci dan didihkan dengan api sedang. Biarkan cairan menyusut secara bertahap, untuk semakin menguatkan rasanya. Proses penyusutan ini bisa memakan waktu lama, seringkali hingga beberapa jam.

 

Baca juga: Inilah Nutrisi Yang Terkandung Pada Daging Hiu


6.    Menambahkan bumbu
Setelah sari tiram berkurang secara signifikan, berbagai bumbu biasanya ditambahkan untuk meningkatkan rasa. Bahan-bahan yang umum termasuk kecap asin, gula, garam, dan terkadang perasa tambahan seperti bawang putih, jahe, atau rempah-rempah. Jumlah dan jenis bumbu tertentu dapat bervariasi berdasarkan profil rasa yang diinginkan.


7.    Mengentalkan saus
Untuk mendapatkan konsistensi yang lebih kental, bahan pengental seperti bubur tepung maizena (tepung maizena yang dicampur dengan air) dapat ditambahkan sedikit demi sedikit sambil terus diaduk. Lanjutkan mendidihkan sampai saus mencapai kekentalan yang diinginkan.


8.    Penyaringan dan pembotolan 
Setelah saus mengental dan rasanya menyatu, saring saus melalui saringan atau kain katun tipis untuk menghilangkan padatan atau kotoran. Biarkan saus mendingin sebelum dipindahkan ke dalam botol atau stoples yang sudah disterilkan untuk disimpan.

 

Baca juga: Berikut Ini 5 Manfaat Kesehatan Konsumsi Kaldu Ayam




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp