Langkah-langkah Melakukan Fillet Daging Ikan

By. Nevanda - 28 Jun 2023

Bagikan:
img

kateringmakanan.co.id - Banyak produk perikanan yang beredar dipasaran, mulai dari hasil tangkapan utuh, produk olahan ikan, hingga daging ikan fillet yang siap diolah. Cara mem-fillet ikan dapat dilakukan menggunakan metode yang berbeda-beda bergantung pada bentuk tubuh ikan yang akan di-fillet. Berikut ini merupakan Langkah sederhana yang dapat dilakukan saat akan mem-fillet daging ikan.

 

Baca juga: Jenis dan Penyebab Keracunan Ikan Tongkol

 

  • Hal pertama yang akan kita lakukan adalah memotong bagian kepala ikan. Pemotongan kepala ikan dilakukan dengan sudut pisau yang agak miring saat membuat potongan dibelakang sirip dada. Potongan ini dilakukan pada kedua sisi ikan hingga berlanjut sampai bagian kepala yang sejajar dengan mata ikan. Selanjutkan kita melakukan sayatan dibelakang sirip perut kearah kepala ikan.
  • Setelah potongan tersebut, kepala ikan sudah dapat kita pisahkan dengan tubuh ikan. Saat memisahkan kepala ikan, usahakan dilakukan dengan cara menariknya hingga seluruh isi perut ikan juga ikut keluar.
  • Buat sayatan sepanjang punggung ikan hingga mencapai ekornya. Sayatan ini dibuat dengan hanya menggunakan sekitar 2 – 3 cm dari ujung pisau.
  • Saat pisau bergerak turun, tekan bagian atas daging ikan agar gerakan menyayat terjadi secara halus dan lancer. Langkah ini merupakan Langkah yang cukup sulit bagi orang yang belum pernah mem-fillet ikan, jadi jangan terlalu tergesa-gesa dan memang perlu banyak latihan agar bisa lancar melakukannya. Apabila pisau terkena tulang saat sedang menyayat, maka berhenti dan atur kembali posisi pisau dan mulai melanjutkannya lagi.

 

Baca juga: 5 Kelebihan Metode Pengasinan Untuk Pengawetan Ikan

 

  • Ketika pisau sudah mencapai daging ekor, dorong pisau hingga menembus ke sisi satunya (dorong secara horisontal). Kemudian dengan satu hentakan potong menyamping ikan hingga terlepas dari tulang ekornya.
  • Pisahkan daging ikan dengan menyayatnya sedekat mungkin dengan tulang sehingga tidak banyak daging yang tertinggal. Lakukan penyayatan ini dari ujung kepala hingga ujung ekor sampai daging ikan seluruhnya telah terlepas dari tulang kerangkanya.
  • Ulangi langkah tersebut untuk sisi yang satunya.
  • Saat daging sudah terlepas terkadang masih ada duri didalamnya, kita dapat mencari duri ini dengan meraba-raba daging ikan dan apabila terasa bagian yang mengandung duri segera cabut dengan pinset. Pastikan tidak ada duri yang tertinggal didalam daging.
  • Agar daging ikan terlihat lebih bersih, kita bisa melepaskan kulitnya.

 

Baca juga: Mudah dan Lezat! Resep Steik Tuna yang Bisa Kalian Coba




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp