Manfaat Kelapa Hijau untuk Tubuh

By. Danan - 24 Feb 2023

Bagikan:
img

Air kelapa (Cocos nucifera Linn Var. viridis) kerap menjadi pilihan minuman yang dikonsumsi saat cuaca panas untuk melepas dahaga. Selain rasanya yang menyegarkan, air kelapa juga memiliki beragam manfaat yang baik untuk kesehatan. Buah kelapa membutuhkan 12 bulan untuk matang seutuhnya. Namun, buah yang pohonnya tinggi ini, sebenarnya bisa dikonsumsi setelah berusia 7 bulan. Warna hijau pada kelapa menunjukkan kalau buahnya belum “dewasa”. Oleh karena itu, ketika dibelah dua, Anda tidak melihat banyak daging yang menempel pada dinding tempurung dalamnya. Akan tetapi, Anda tetap dapat menikmati manfaat air kelapa hijau sudah siap dirasakan, yang memberikan dampak baik pada tubuh Anda. Beberapa manfaat air kelapa hijau meliputi:

1. Anti oksidan
Radikal bebas merupakan molekul tak stabil yang tumbuh dalam sel, saat metabolisme terjadi. Produksinya akan bertambah jika Anda mengalami cedera atau stres. Ketika Anda “diselimuti” radikal bebas, tubuh akan masuk ke dalam kondisi stres oksidatif. Manfaat air kelapa hijau bisa menangkalnya. Manfaat air kelapa hijau juga bisa menurunkan aktivitas radikal bebas, tekanan darah, trigliserida dan kadar insulin.

2. Penundaan penuaan
Ternyata, air kelapa punya manfaat baik bagi kecantikan Anda, lho! Ya, khasiat air kelapa bagi kecantikan adalah dapat membuat kulit lebih halus dan terlihat lebih muda. Kandungan sitokinin, salah satu hormon pertumbuhan, dalam air kelapa berfungsi untuk mengatur pertumbuhan, perkembangan, dan penuaan sel. Ini karena kandungan sitokinin pada air kelapa mempunyai efek anti-penuaan, anti-karsinogenik, dan anti-trombotik (anti pembekuan darah). Itu sebabnya, kelapa disebut sebagai makanan yang bisa menunda penuaan.

3. Mencegah penyakit batu ginjal
Minum banyak air sangat baik untuk kesehatan ginjal. Jika air putih cukup mendukung fungsi ginjal, minum air kelapa ternyata lebih bermanfaat. Perlu Anda ketahui bahwa batu ginjal terbentuk ketika kalsium, asam oksalat, dan komponen lain mengendap menjadi kristal dan terbawa di dalam urine. Nah, penelitian berjudul Prophylactic Effect of Coconut Water yang dilakukan pada tikus, menunjukkan air kelapa ternyata bisa mencegah kristal menempel pada ginjal dan saluran kemih. Selain itu, air kelapa mengurangi terbentuknya kristal pada ginjal.

4. Meningkatkan stamina tubuh
Tak hanya memberikan efek menyegarkan, air kelapa juga dapat meningkatkan stamina tubuh. Hal ini berkat kandungan karbohidrat di dalam air kelapa yang dapat digunakan tubuh untuk menghasilkan energi, sehingga Anda pun bisa lebih bersemangat dalam menjalani aktivitas.

5. Menggantikan cairan tubuh yang hilang
Air kelapa merupakan minuman isotonik alami yang memberi banyak manfaat seperti minuman olahraga yang telah diformulasi. Kandungan elektrolit dalam air kelapa dapat menggantikan cairan tubuh yang hilang saat olahraga. Namun, untuk mengembalikan hidrasi agar tubuh tidak kehilangan banyak cairan, air kelapa harus diminum dalam jumlah banyak. Selain itu, risiko untuk merasa mual, kenyang, dan sakit perut juga lebih sedikit jika minum air kelapa dibandingkan minuman olahraga.
 


    Tags :


Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp