Kol Sayur Mudah Diolah dan Banyak Manfaat

By. Danan - 24 Feb 2023

Bagikan:
img

Kol atau kubis (Brassica oleracea L.) merupakan tanaman semusim. Kol merupakan sayuran ekonomis dan serbaguna yang mudah ditemukan dan memberikan nilai gizi yang sangat besar. Kol kaya akan fitonutrien dan berbagai vitamin seperti vitamin A, B, dan C. Selain enak dan mudah diolah, sayur Kol memberi berbagai manfaat untuk kesehatan yang sayang untuk dilewatkan.

1. Melancarkan pencernaan
Kandungan serat dan air yang tinggi di dalam Kol diketahui baik untuk saluran pencernaan. Manfaat Kol ini diyakini dapat melancarkan buang air besar dan mencegah maupun menangani sembelit.

2. Mencegah kanker
Kandungan vitamin C yang tinggi pada sayur Kol tak hanya membantu memenuhi kebutuhan gizi harian saja, tetapi juga memiliki manfaat untuk melindungi tubuh dari serangan radikal bebas. Radikal bebas sendiri adalah molekul tidak stabil yang dapat merusak sel tubuh dan memicu berbagai penyakit, termasuk kanker. Bukan hanya itu, Kol mengandung senyawa sulforaphane yang diduga berfungsi sebagai antioksidan sehingga bisa menangkal sel kanker.

3. Menjaga kesehatan jantung
Selain mengurangi peradangan, kandungan polifenol dan flavonoid di dalam Kol juga diketahui dapat mengurangi tekanan darah dan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Oleh karena itu, Kol dapat menurunkan risiko terkena penyakit jantung. Selain itu, kandungan serat, kalium, vitamin B3, dan folat di dalam Kol juga dipercaya dapat menurunkan risiko terkena stroke dan serangan jantung.

4. Menyehatkan otak
Kol termasuk sayuran yang diketahui berkhasiat dalam menjaga fungsi kognitif otak agar tetap optimal seiring bertambahnya usia. Kandungan nutrisi di dalam Kol dapat membantu melancarkan aliran darah pada otak. Aliran darah yang lancar akan membuat otak lebih mudah mengingat, menyerap, dan memproses informasi.

5. Mengurangi peradangan
Kandungan antioksidan polifenol dan flavonoid di dalam Kol diyakini baik untuk mengurangi peradangan yang disebabkan oleh radang usus dan rheumatoid arthritis.
 


    Tags :


Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp