Manfaat Buah Naga Putih

By. Danan - 24 Feb 2023

Bagikan:
img

Buah naga (Hylocerus undatus) termasuk dalam buah yang eksotik karena penampilannya yang menarik, rasanya asam manis menyegarkan dan memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Buah naga putih merupakan jenis tanaman yang termasuk ke dalam golongan kaktus. Buah ini memiliki kulit yang tampak bersisik dan berwarna merah muda dengan daging buah berwarna putih.


Buah naga putih juga mengandung vitamin A serta antioksidan, seperti betasianin, hidroksinamat, dan flavonoid. Pada dasarnya, kandungan nutrisi buah naga putih dan buah naga merah tidak jauh berbeda. Akan tetapi, buah naga merah memiliki kalori lebih rendah daripada buah naga putih, yaitu hanya sekitar 60 kalori per 100 gram. Berikut ini adalah beragam manfaat yang dapat Anda peroleh dari mengonsumsi buah naga putih:

1. Melancarkan pencernaan
Buah naga putih adalah salah satu sumber serat yang baik. Kandungan serat yang tinggi pada buah ini diketahui bermanfaat untuk melancarkan dan menjaga kesehatan saluran pencernaan. Buah naga putih juga mengandung mengandung prebiotik yang baik untuk mendukung pertumbuhan bakteri baik di saluran cerna, sehingga dapat mencegah dan mengatasi sembelit.


2. Mencegah kerusakan sel tubuh
Buah naga putih mengandung antioksidan flavonoid dan betasianin yang dapat melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat paparan radikal bebas. Kerusakan sel tubuh diyakini sebagai salah satu penyebab kanker dan munculnya penuaan dini pada kulit.


3. Menurunkan kadar kolesterol
Kandungan serat pada buah naga putih tak hanya baik untuk pencernaan, tetapi juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah. Manfaat ini juga baik untuk mencegah penumpukan kolesterol di dalam pembuluh darah, sehingga menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung dan stroke.


4. Memperkuat daya tahan tubuh
Menjaga daya tahan tubuh sangatlah penting agar Anda selalu terhindar dari berbagai penyakit, baik yang disebabkan oleh virus, bakteri, jamur, atau parasit. Agar daya tahan tubuh tetap kuat, Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan bernutrisi, termasuk buah naga putih. Hal ini dikarenakan buah naga putih kaya akan antioksidan dan vitamin C yang dapat memperkuat daya tahan tubuh.

5. Menjaga berat badan
Buah naga putih merupakan salah satu jenis buah yang rendah kalori dan lemak, sehingga baik dikonsumsi bagi Anda yang sedang menjalani diet. Selain itu, buah naga putih juga tinggi serat sehingga Anda akan merasa kenyang lebih lama. Dengan demikian, dorongan untuk makan berlebih atau ngemil pun akan berkurang.


    Tags :


Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp