Manfaat Kedondong untuk Mengatasi Sakit Tenggorokan

By. Danan - 24 Feb 2023

Bagikan:
img

Kedondong (Spondias dulcis) merupakan tanaman buah yang berasal dari famili Anacardiaceae. Tanaman ini berasal dari Asia Selatan dan Asia Tenggara dan tersebar di daerah tropis Manfaat buah kedondong manis kultivar unggul dimakan dalam keadaan segar, tetapi sebagian buah matang diolah menjadi selai, jeli, dan sari buah. Buah yang direbus dan dikeringkan dapat disimpan untuk beberapa bulan. Buah mentahnya banyak digunakan dalam rujak dan sayur, serta untuk dibuat acar (sambal kedondong). Kedondong mengandung antioksidan flavonoid dan polifenol. Selain itu, buah kedondong juga mengandung senyawa yang bersifat antibakteri dan antikanker. Berkat kandungan nutrisinya yang beragam, kedondong dapat memberikan beragam manfaat bagi kesehatan, di antaranya:

1. Meningkatkan imunitas tubuh
Kedondong merupakan salah satu pilihan buah yang baik dikonsumsi untuk memperkuat imunitas atau daya tahan tubuh. Ini dikarenakan buah kedondong merupakan sumber antioksidan, vitamin C, dan vitamin A. Ketiga zat tersebut diketahui berperan penting dalam memelihara kesehatan dan fungsi sel darah putih yang berperan sebagai penunjang daya tahan tubuh.

2. Menurunkan risiko penyakit jantung
Kandungan serat pada buah kedondong diketahui bermanfaat untuk mengurangi kolesterol dan trigliserida dalam darah. Tak hanya itu, kandungan vitamin C dan antioksidan dalam buah ini juga dapat mengurangi peradangan dan mencegah aterosklerosis, yaitu penyumbatan di pembuluh darah, yang bisa memicu penyakit jantung.

3. Menjaga kesehatan mata
Manfaat kedondong selanjutnya adalah menjaga kesehatan mata. Ini karena kandungan beta-karoten yang terdapat pada buah kedondong. Beta-karoten membantu mengurangi stres oksidatif pada mata yang muncul dari cahaya alat elektronik. Kandungan beta-karoten di dalam buah kedondong tersebut akan diubah menjadi vitamin A oleh tubuh.

4. Mengatasi sakit tenggorokan
Kedondong ternyata juga membawa kesehatan lain untuk kesehatan tenggorokan dan mulut. Ini karena kedondong mengandung vitamin C yang cukup tinggi, yaitu 32 mg atau kurang lebih 35 persen dari angka kecukupan vitamin harian Anda. Selain itu, khasiat kedondong untuk mengatasi sakit tenggorokan mungkin juga disebabkan oleh sifat antimikroba yang terkandung di dalamnya.

5. Mencegah anemia
Di dalam buah kedondong mengandung zat besi dan vitamin B1 (thiamine). Keduanya merupakan mikronutrien penting untuk membantu tubuh membentuk sel darah merah.
Ketika kekurangan zat besi dan vitamin B1, sel darah merah yang diproduksi tubuh pun akan sedikit jumlahnya. Dampaknya, Anda bisa terkena anemia.
 


    Tags :


Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp