6 Ide Masakan Mudah Berbahan Sotong

By. Nevanda - 13 Jul 2023

Bagikan:
img

kateringmakanan.co.id - Sotong adalah bahan makanan laut yang serbaguna dan lezat untuk diolah menjadi berbagai hidangan lezat. Dengan tekstur kenyal dan rasa gurih, sotong menjadi pilihan yang populer di dapur. Apakah kamu mencari inspirasi masakan baru? Jika ya, ada beragam ide masakan yang dapat dihasilkan dari bahan sotong ini. Mulai dari sotong goreng tepung yang renyah hingga sotong tumis sayuran yang segar, ada banyak variasi yang bisa dieksplorasi. 


Mari kita lihat lebih dekat ide-ide kreatif dalam memasak sotong yang pastinya akan memanjakan lidah dan menghadirkan sensasi kuliner yang menggugah selera. Berikut adalah beberapa ide masakan berbahan dasar sotong yang bisa kamu coba:

 

Baca juga: Ketahui 7 Jenis Ikan Yang Berpotensi Mengandung Merkuri


1.    Sotong Goreng Tepung
Iris sotong menjadi cincin-cincin, lalu baluri dengan campuran tepung terigu, garam, merica, dan bumbu lain sesuai selera. Goreng hingga kecokelatan dan renyah. Sajikan dengan saus sambal atau saus tartar.


2.    Sotong Saus Padang
Tumis bawang putih, bawang merah, dan cabai merah hingga harum. Tambahkan sotong yang sudah dipotong-potong, kemudian masak hingga matang. Tuangkan saus Padang dan aduk rata. Sajikan dengan nasi putih.


3.    Sotong Sambal
Tumis bumbu sambal (bawang putih, bawang merah, cabai, terasi) hingga matang dan harum. Masukkan sotong yang sudah dipotong-potong, tambahkan sedikit air, dan masak hingga sotong matang dan bumbu meresap.

 

Baca juga: Belajar Membuat Sushi Salmon Buatan Sendiri


4.    Sotong Tumis Sayuran 
Tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum. Tambahkan sotong yang sudah dipotong-potong, sayuran seperti wortel, buncis, dan paprika. Tumis hingga sayuran setengah matang dan sotong matang. Bumbui dengan garam, merica, dan kecap manis sesuai selera.


5.    Sotong Masak Hitam
Campurkan sotong dengan bumbu seperti kecap manis, saus tiram, kecap ikan, dan saus tomat. Tambahkan bawang putih, bawang merah, cabai, dan jahe yang dihaluskan. Masak hingga sotong empuk dan bumbu meresap.


6.    Sotong Bakar
Marinasi sotong dengan campuran bumbu seperti kecap manis, minyak wijen, bawang putih, jahe, dan air jeruk nipis. Diamkan selama beberapa saat, lalu panggang sotong di atas panggangan atau grill hingga matang dan berwarna kecokelatan.

 

Itu hanya beberapa ide masakan berbahan sotong. Kamu dapat mencoba variasi bumbu dan cara memasak yang berbeda sesuai dengan selera pribadi. Selamat mencoba!

 

Baca juga: Resep Sotong Saus Tiram, Sentuhan Kuliner Khas Asia




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp