Kemangi Bukan Sekedar Lalapan Biasa

By. Danan - 24 Feb 2023

Bagikan:
img

Tanaman kemangi (Ocimum citriodorum) sejatinya merupakan hasil persilangan antara basil biasa (Ocimum basilicum) dan basil amerika (Ocimum americanum). Kemangi memiliki aroma jeruk limau yang kuat, sehingga beberapa kalangan juga menyebutnya sebagai lemon basil.

Daun kemangi bisa dijadikan lalapan atau digunakan dalam berbagai olahan, seperti pepes. Selain rasanya enak, aroma daun kemangi juga segar. Jika Anda mengolahnya dengan tepat, daun kemangi bisa jadi kudapan yang nikmat. Kandungan daun kemangi pun begitu beragam. Tidak hanya serata, tanaman ini rupanya juga mengandung berbagai vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Kandungan daun kemangi pun begitu beragam. Tidak hanya serata, tanaman ini rupanya juga mengandung berbagai vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh:

1. Berpotensi melawan kanker
Daun kemangi ternyata juga dipercaya berpotensi melawan kanker karena kandungan fitokimia yang ada di dalamnya begitu beragam. Daun ini dinilai dapat membantu pencegahan beberapa jenis kanker di antaranya kulit, hati, mulut, dan paru-paru. Meski begitu, penelitian lebih lanjut masih perlu dilakukan untuk memastikan manfaat daun kemangi yang satu ini.

2. Melindungi kulit dari penuaan
Berdasarkan riset yang diterbitkan pada tahun 2011, daun kemangi memiliki sifat yang membantu melindungi kulit dari efek penuaan. Dalam studi tersebut, para ilmuwan menerapkan ekstrak kemangi ke model laboratorium kulit. Hasilnya, ekstrak kemangi dalam krim kulit topikal dapat meningkatkan hidrasi kulit, mengurangi kerutan, dan melembutkan kulit.

3. Berpotensi mengurangi batuk
Dikutip dari riset terbitan Nature Public Health Emergency Collection, daun kemangi merupakan kerabat Ocimum yang kerap digunakan sebagai ekspektoran atau membantu keluarnya dahak dari saluran pernapasan pada pengobatan ayurvedic.Bila Anda ingin merasakan manfaatnya, Anda bisa rebus daun kemangi bersama dengan cengkeh dan sejumput kecil garam. Lalu, saring dan minum airnya.

4. Membantu meredakan stress
Banyak penelitian menemukan bahwa daun ini dapat membantu mengatasi stres fisik, metabolisme, hingga psikologis dengan kombinasi pengobatan yang diresepkan dokter. Daun ini diketahui dapat membantu melindungi organ dan jaringan terhadap stres kimia dari paparan polutan industri, logam berat, aktivitas fisik yang terlalu berat, hingga tekanan psikologis. Kemangi juga diketahui dapat membantu melawan stres metabolik dengan cara mengendalikan gula darah, tekanan darah, dan kadar lipid karena memiliki sifat antianxiety (anticemas) dan antidepresan.

5. Menggantikan zat besi yang hilang ketika haid
Ada baiknya Anda mengonsumsi daun kemangi saat sedang mengalami PMS atau pre-menstrual syndrome. Sebab, tanaman ini mengandung zat besi yang ada di dalamnya, bisa membantu menggantikan zat besi yang hilang selama Anda menstruasi.

 


    Tags :


Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp