Manfaat Asam Jawa untuk Kesehatan

By. Danan - 24 Feb 2023

Bagikan:
img

Asam jawa, asam atau asem adalah sejenis buah yang masam rasanya, biasa digunakan sebagai bumbu dalam banyak masakan Indonesia sebagai perasa atau penambah rasa asam dalam makanan, misalnya pada sayur asam atau kadang-kadang kuah pempek. Asam jawa dihasilkan oleh pohon yang bernama ilmiah Tamarindus indica, termasuk ke dalam suku Fabaceae (Leguminosae). Spesies ini adalah satu-satunya anggota marga Tamarindus. Buah yang telah tua, sangat masak dan dikeringkan biasa disebut asem kawak. Buah yang mempunyai kombinasi rasa asam dan manis ini sering digunakan sebagai alternatif pengobatan di berbagai belahan dunia. Berikut ini adalah sejumlah manfaat asam jawa bagi kesehatan.

1. Membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan
Asam jawa yang diolah menjadi minuman bisa menyehatkan saluran cerna Anda. Karena, asam jawa bisa menetralkan frekuensi buang air besar. Saat Anda sembelit, minum asam jawa bisa membuat proses BAB menjadi lebih lancar (efek laksatif). Namun, ketika diare, asam jawa bisa menahan proses buang air yang terlalu sering.

2. Membantu menurunkan berat badan
Selain dapat mengurangi risiko penyakit diabetes, ternyata mengonsumsi asam jawa juga bisa membantu menurunkan berat badan. Dilansir dari Asian Pacific Journal of Tropical Biomedicine, asam jawa termasuk dalam kategori buah-buahan tropis yang dapat menurunkan risiko obesitas.

3. Efek antimikroba
Ekstrak asam jawa mengandung senyawa alami yang memiliki efek antimikroba. Penelitian menunjukkan, tanaman ini mungkin memiliki sifat antijamur, antivirus, dan antibakteri. Asam jawa juga telah digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengobati penyakit seperti malaria. Senyawa yang disebut lupeol dikaitkan dengan efek antibakteri asam.

4. Meredakan mual
Buah yang lezat ini pun telah digunakan oleh beberapa wanita hamil untuk melawan mual dan muntah di pagi hari. Selain mengatasi mual, asam jawa juga bisa membantu meringankan sembelit saat hamil dengan efek pencahar yang dihasilkan. Namun, konsumsinya tetap perlu dikonsultasikan dulu ke dokter kandungan untuk menghindari kemungkinan risiko.

5. Efek anti-aging
konsumsi asam jawa merupakan pilihan mudah untuk tetap sehat dan awet muda karena kandungan antioksidan tinggi di dalamnya dapat mencegah penuaan. Selain itu, menggunakan krim atau serum berbahan dasar ekstrak asam jawa juga dapat meningkatkan kecantikan dan keremajaan kulit.
 


    Tags :


Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp