Resep Tiram Bakar yang Lezat untuk Kalian Coba

By. Nevanda - 21 Jul 2023

Bagikan:
img

kateringmakanan.co.id - Memanjakan diri dengan sepiring tiram bakar yang lezat adalah pengalaman yang memanjakan lidah dan membawa para penggemar hidangan laut ke tepi pantai yang penuh dengan kenikmatan kuliner. Dengan kekayaan mentega dan sedikit aroma asap, tiram bakar adalah hidangan lezat yang memamerkan cita rasa alami laut dengan indah.  


Bersiaplah untuk meningkatkan masakan hidangan laut kalian dan nikmati esensi lautan dengan setiap gigitan yang lezat. Berikut ini resep sederhana untuk membuat tiram bakar:

 

Baca juga: 8 Jenis Nutrisi Yang Ada Dalam Tepung Ikan

 

Bahan-bahan:

  • Tiram segar (sebanyak yang kalian inginkan)
  • 1/2 cup mentega tawar, lelehkan
  • 2 siung bawang putih, cincang
  • 1 sendok makan peterseli segar, cincang halus
  • 1 sendok makan air perasan lemon segar
  • Garam dan merica secukupnya
  • Irisan lemon (untuk penyajian)

 

Baca juga: 8 Potensi Tepung Ikan yang Jarang Diketahui

 

Petunjuk:

  1. Panaskan panggangan dengan api sedang-besar. Jika kalian menggunakan pemanggang arang, tunggu hingga arangnya panas dan sebarkan secara merata.
  2. Bilas tiram dengan air dingin yang mengalir untuk menghilangkan kotoran atau sisa-sisa makanan. Gosok cangkangnya dengan lembut menggunakan sikat untuk membersihkannya secara menyeluruh.
  3. Dengan menggunakan pisau tiram atau pisau runcing yang kokoh, cungkil tiram dengan hati-hati dengan memasukkan pisau ke dalam engselnya dan putar perlahan hingga cangkangnya terbuka. Buang cangkang bagian atas dan potong otot tiram yang menempel pada cangkang bagian bawah, tetapi biarkan daging tiram tetap berada di dalam cangkang bawahnya.
  4. Dalam mangkuk kecil, campurkan mentega cair, bawang putih cincang, peterseli cincang, air perasan lemon, garam dan merica. Aduk rata untuk mencampurkan semua bahan.
  5. Letakkan tiram yang sudah dibuka langsung di atas rak pemanggang. Kalian juga dapat menggunakan nampan pemanggang tiram khusus atau lapisan garam di atas loyang untuk menjaganya tetap stabil.
  6. Sendokkan campuran mentega dalam jumlah yang banyak pada setiap tiram, pastikan tiram terlapisi dengan baik.
  7. Tutup penutup pemanggang dan biarkan tiram matang selama sekitar 5-7 menit atau hingga bagian tepi tiram mulai menggulung dan campuran mentega berbuih.
  8. Angkat tiram panggang dengan hati-hati dari panggangan dan pindahkan ke piring saji. Hiasi dengan tambahan peterseli cincang dan sajikan segera dengan irisan lemon di sampingnya.

 

Ingatlah untuk berhati-hati saat memegang tiram, karena cangkangnya bisa tajam. Selain itu, pastikan kalian hanya mengonsumsi tiram segar dari sumber yang terpercaya. Tiram panggang paling enak dinikmati langsung dari panggangan selagi masih panas. Selamat menikmati!

 

Baca juga: 9 Ciri-Ciri Kepiting yang Masih Segar




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp