Menjelajahi Kelezatan Hidangan Fugu Tradisional dan Modern

By. Nevanda - 25 Jul 2023

Bagikan:
img

kateringmakanan.co.idFugu, atau ikan buntal, adalah makanan lezat di Jepang yang secara tradisional disajikan dalam berbagai hidangan. Fugu telah menjadi makanan yang paling dicari di Jepang, di mana para koki yang terampil mempersiapkannya dengan cermat dalam berbagai hidangan yang menggugah selera. Mulai dari kesederhanaan tradisional Fugu Sashimi hingga pelukan hangat Fugu Nabe, dan kelezatan renyah Fugu Karaage, berikut adalah beberapa contoh hidangan fugu:


1.    Sashimi Fugu
Fugu mentah yang diiris tipis-tipis adalah salah satu cara paling terkenal dan klasik untuk menikmati ikan ini. Biasanya disajikan dengan saus cocolan seperti ponzu (saus berbahan dasar jeruk) dan momiji-oroshi (lobak daikon parut dengan cabai).


2.    Fugu Nabe (Fugu Hot Pot)
Potongan ikan fugu ditambahkan ke dalam hot pot beraroma, yang juga berisi berbagai macam sayuran, tahu, dan jamur. Kaldu yang digunakan biasanya dibuat dengan dashi (kaldu ikan) dan dibumbui dengan kecap asin dan mirin.

 

Baca juga: 6 Alasan Kenapa Memakan Ikan Tuna Baik untuk Tubuhmu


3.    Fugu Karaage
Potongan ikan fugu direndam, dilapisi tepung dan digoreng hingga renyah dan berwarna cokelat keemasan. Ini adalah cara yang populer untuk menikmati rasa fugu yang lembut dengan tekstur yang renyah.


4.    Fugu Chirinabe
Mirip dengan fugu nabe, hidangan ini merupakan olahan hot pot, tetapi alih-alih menggunakan sup, fugu dan bahan-bahan lainnya ditumis bersama.


5.    Fugu Hire-zake
Ini adalah cara unik untuk menikmati ikan fugu. Sirip ikan dipanggang dan kemudian direndam dalam sake panas. Sake rendaman sirip ikan tersebut kemudian disajikan sebagai minuman yang menghangatkan dan beraroma harum.


6.    Fugu Kobujime
Irisan tipis ikan fugu direndam dalam kombu (rumput laut) dan disajikan sebagai hidangan pembuka. Kombu memberikan rasa umami yang lembut pada ikan.

 

Baca juga: Yuk Coba Resep Sup Kepiting yang Lezat Ini


7.    Fugu Chiri
Fugu hot pot dengan kaldu pedas yang lebih banyak, sering kali menggunakan cabai dan bahan dengan rasa kuat lainnya.


8.    Fugu Zosui
Sejenis bubur nasi yang dibuat dengan ikan fugu dan berbagai bahan seperti telur, sayuran, dan rempah-rempah. Hidangan ini sangat lezat dan populer selama bulan-bulan yang lebih dingin.

 

Ingatlah bahwa persiapan hidangan fugu hanya boleh dilakukan oleh koki berlisensi dan berpengalaman karena risiko yang melekat pada penanganan ikan. Jika kalian tidak berada di Jepang atau di wilayah di mana fugu disajikan secara legal, sebaiknya jelajahi kuliner lain untuk memastikan keamanan makanan kalian.

 

Baca juga: Beginilah Proses Pembuatan Tepung Ikan




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp