Sereh Tanaman Penangkal Radikal Bebas

By. Danan - 24 Feb 2023

Bagikan:
img

Sereh (Cymbopogon nardus L.) merupakan sejenis tumbuhan rumput‐rumputan yang daunnya panjang seperti ilalang. Sereh mempunyai perawakan berupa rumput‐rumputan tegak, menahun dan mempunyai perakaran yang sangat dalam dan kuat. Sereh biasanya digunakan sebagai bumbu dapur untuk mengharumkan makanan. Sereh wangi mengandung saponin, flavonoid, polifenol, alkaloid, dan minyak atsiri, selain itu Sereh mengandung beragam zat gizi seperti vitamin A, vitamin C, vitamin B9 (folat), mineral magnesium, zat besi, kalium, fosfor, dan kalsium.
Untuk mendapatkan manfaat sereh, Anda dapat mengonsumsi makanan ataupun minuman yang mengandung sereh. Anda juga bisa menjadikan minyak sereh sebagai aromaterapi yang menenangkan. Berikut manfaat sereh:

1. Melawan radikal bebas
Sebuah penelitian mengungkap bahwa dalam sereh terkandung beberapa antioksidan yang berperan melawan radikal bebas. Antioksidan yang terdapat pada sereh diantaranya asam klorogenat, isoorientin dan swertiajaponin.

2. Sebagai aromaterapi pengusir nyamuk
Sereh juga juga diketahui dan dimanfaatkan sebagai aromaterapi oleh bangsa India dan Timur Tengah. Di Indonesia sendiri, batang serai ditumbuk dan didiamkan beberapa saat setelah tidur, untuk membantu mengusir nyamuk yang menyebabkan gatal dan demam berdarah.

3. Meringankan gejala sindrom pramenstruasi
Meski perlu diteliti lebih lanjut, konsumsi teh sereh dipercaya mampu mengatasi kram menstruasi dan juga kembung saat wanita mengalami sindrom pramenstruasi atau premenstruation syndrome (PMS).

4. Detoksifikasi
Sereh dapat membantu membersihkan zat-zat beracun berbahaya yang masuk ke dalam tubuh. Detoksifikasi dengan tanaman serai membantu membantu melancarkan fungsi berbagai organ tubuh, termasuk fungsi hati dan ginjal. Mengonsumsi teh serai juga dapat berkhasiat melancarkan buang air kecil.

5. Mengobati insomnia
Sereh berkhasiat membantu untuk menenangkan otot-otot dan saraf yang membantu Anda lebih nyenyak saat tidur dan bantu mengobati insomnia. Penelitian telah menunjukkan bahwa teh serai memiliki obat penenang dan zat hipnotis yang bisa membantu dalam meningkatkan waktu dan kualitas tidur.
 


    Tags :


Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp