Inilah 9 Masakan Yang Menggunakan Kepiting Cangkang Lunak

By. Nevanda - 28 Jul 2023

Bagikan:
img

kateringmakanan.co.id - Kepiting cangkang lunak atau kepiting soka adalah hidangan lezat yang dinikmati oleh para pecinta hidangan laut karena rasanya yang manis dan lembut. Ada banyak cara lezat untuk mengolah kepiting cangkang lunak, dan berikut ini adalah beberapa ide hidangan yang kreatif dan lezat untuk dicoba:

 

1.    Sandwich
Roti dan kepiting cangkang lunak yang digoreng hingga renyah. Susun kepiting dalam roti tawar dengan selada, tomat, acar, dan saus aioli atau saus tartar. Sajikan dengan salad kol atau kentang goreng.


2.    Taco 
Lumuri dengan sedikit adonan tepung dan goreng kepiting cangkang lunak hingga garing keemasan. Isi tortilla jagung  dengan kepiting goreng, lalu taburi dengan irisan kubis, alpukat potong dadu, salsa segar, dan perasan jeruk nipis untuk membuat taco hidangan laut yang lezat.


3.    Po' Boy
Siapkan kepiting cangkang lunak dengan balutan tepung maizena yang sudah dibumbui dan goreng hingga renyah. Letakkan di dalam baguette dengan kubis parut, irisan tomat, dan sedikit saus remoulade. Nikmati sandwich yang terinspirasi dari New Orleans ini dengan kentang goreng yang dibumbui dengan Cajun.

 

Baca juga: 6 Cara Menggunakan Terasi Udang ke dalam Hidangan Asia


4.    Salad 
Buatlah salad yang menyegarkan dengan campuran sayuran, tomat ceri, irisan mentimun, dan alpukat. Lengkapi dengan kepiting cangkang lunak yang ditumis dan saus vinaigrette yang segar untuk hidangan yang ringan dan mengenyangkan.


5.    Tumis Kepiting Cangkang Lunak
Tumis kepiting cangkang lunak dengan beragam sayuran berwarna-warni seperti paprika, kacang polong, dan wortel. Tambahkan saus gurih yang terbuat dari kecap asin, bawang putih, jahe, dan sedikit madu. Sajikan di atas nasi hangat untuk hidangan yang terinspirasi dari Asia.


6.    Kepiting Cangkang Lunak dengan Mentega Bawang Putih
Goreng kepiting cangkang lunak dan akhiri dengan saus mentega bawang putih yang lezat. Peras air lemon di atasnya dan sajikan dengan sepotong roti tawar.

 

Baca juga: Ketahui Proses Pembuatan Terasi Udang


7.    Sushi
Masukkan tempura kepiting cangkang lunak ke dalam sushi gulung dengan alpukat, mentimun, dan sedikit mayones pedas. Potong-potong seukuran sekali gigit untuk mendapatkan sushi yang menggugah selera.


8.    Bisque 
Ciptakan bisque yang kaya rasa dan lembut dengan menggunakan kaldu seafood, krim kental, bawang bombay, dan bawang putih. Tambahkan daging kepiting cangkang lunak yang dipotong dadu ke dalam sup dan hiasi dengan daun bawang cincang atau peterseli untuk mendapatkan sup yang mewah dan menenangkan.


9.    Ceviche 
Rendam potongan kepiting cangkang lunak dalam air jeruk nipis, tomat potong dadu, bawang merah, daun ketumbar, dan jalapeno. Sajikan ceviche yang menyegarkan dan lezat ini dengan keripik tortilla atau di atas irisan mentimun.

 

Ingatlah untuk selalu menggunakan kepiting cangkang lunak yang segar dan berkualitas tinggi untuk hasil terbaik. Selamat bereksperimen dengan ide-ide ini untuk menikmati cita rasa unik kepiting cangkang lunak dalam gaya kuliner yang berbeda!

 

Baca juga: 9 Cara Memilih Udang Yang Masih Segar




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp