Okra Berkhasiat Meredakan Asma

By. Danan - 24 Feb 2023

Bagikan:
img

Okra (Abelmoschus esculentus L.) merupakan tanaman semusim, termasuk famili Malvaceae dan dikenal dengan beberapa nama antara lain lady’s finger. Habitat asli okra masih diperdebatkan sampai saat ini. Banyak sejarawan dan ahli tanaman yang berpendapat bahwa okra pertama kali ditemukan di sekitar pantai Laut Mediterania, Arab Saudi, dan Mesir pada tahun 1216. Seiring waktu, buah polong berbulu ini dibudidayakan sampai ke Afrika Barat, Asia Selatan, Kepulauan Karibia, dan Amerika Utara.

Okra memiliki tekstur berlendir, biasanya diolah dengan cara ditumis. Namun, sayuran ini tampaknya masih belum terlalu populer di kalangan masyarakat Indonesia. Okra termasuk sumber makanan nabati yang kaya antioksidan, termasuk katekin oligomer, turunan flavonoid, dan fenolik. Ketiganya memiliki sifat antimikroba dan antiradang yang baik. Berikut beragam manfaat okra untuk menunjang kesehatan tubuh:

1. Meredakan asma
Okra dipercaya dapat membantu mengendalikan asma karena antioksidan dan vitamin C-nya cukup tinggi. Merangkum berbagai studi, kekurangan vitamin C menyebabkan sel dan jaringan tubuh, termasuk paru-paru, rentan mengalami peradangan kronis. Studi terbitan Journal of Allergy and Clinical Immunology menemukan bahwa penderita asma yang kekurangan vitamin C lebih sering mengalami gejala kambuhan. Ini menandakan bahwa memenuhi kebutuhan vitamin C harian dapat membantu mengendalikan asma.

2. Mencegah Osteoporosis
Okra mengandung vitamin K, yang tidak hanya berperan dalam proses pembekuan darah, tetapi juga pada pembentukan tulang. Itulah sebabnya, mengonsumsi cukup vitamin K akan membuat tulang menjadi lebih kuat dan tidak mudah patah.

3. Menurunkan kolesterol
Okra termasuk salah satu sumber makanan yang berpotensi baik menurunkan kolesterol. Menurut sebuah studi terbitan Global Journal of Medical Research, polisakarida dalam lendir okra dapat menurunkan kadar kolesterol karena kemampuannya mengikat asam empedu yang membawa racun dari hati. Penelitian tersebut juga menyebutkan bahwa minyak dari biji okra sama berpotensinya untuk menurunkan kolesterol dalam darah.

4. Baik untuk kesehatan pencernaan dan mencegah konstipasi
Okra merupakan bahan makanan yang baik untuk diet karena kaya akan serat alami sehingga baik untuk kesehatan pencernaan. Kandungan serat larut dari okra terbilang serupa dengan serat yang terdapat pada sereal. Selain itu, lendir okra dapat membantu mencegah konstipasi atau sembelit.

5. Baik untuk ibu hamil
Manfaat okra yang satu ini didapatkan dari kandungan folat yang dimilikinya. Seperti yang diketahui, folat merupakan salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan ibu hamil, untuk mencegah munculnya berbagai gangguan di janin. Kurangnya kadar folat akan meningkatkan risiko keguguran pada ibu hamil dan cacat lahir pada bayi.


    Tags :


Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp