Teknik Pengawetan Makanan

By. Danan - 24 Feb 2023

Bagikan:
img

Pengawetan makanan adalah cara yang digunakan untuk membuat makanan memiliki daya simpan yang lama dan mempertahankan sifat-sifat fisik dan kimia makanan. Dalam mengawetkan makanan harus diperhatikan jenis bahan makanan yang diawetkan, keadaan bahan makanan, cara pengawetan, dan daya tarik produk pengawetan makanan. Teknologi pengawetan makanan yang dikembangkan dalam skala industri masa kini berbasis pada cara-cara tradisional yang dikembangkan untuk memperpanjang masa konsumsi bahan makanan.

Teknik pengawetan makanan sebenarnya telah dipraktikkan oleh masyarakat kuno di Mesir bahkan suku Eskimo. Jauh sebelum ada pengawet kimia ternyata teknik pengawetan alami banyak dilakukan. Berikut teknik pengawetan makanan yang sekarang banyak dipraktikkan:

1. Pembekuan
Teknik pengawetan makanan yang paling banyak dilakukan yakni pembekuan. Teknik ini terbukti sangat ampuh untuk menjaga kesegaran produk olahan. Bahkan sebelum pengolahan makanan dilakukan banyak bahan baku yang sengaja dibekukan sehingga dapat dipakai dalam jangka waktu yang cukup panjang.

2. Pengeringan
Nenek moyang kita menyimpan makanan dengan cara menjemur makanan tersebut hingga benar-benar kering. Metode pengawetan makanan ini bernama pengeringan.Teknik ini mengacu pada prinsip bahwa mikroorganisme penyebab pembusukan makanan dapat berkembang dalam tempat yang lembab, basah, dan memiliki kadar air yang tinggi.

3. Penggaraman
Teknik ini banyak digunakan oleh masyarakat pesisir di Indonesia, teknik ini juga ampuh mengawetkan makanan. Kini teknik penggaraman juga masih banyak digunakan dalam industri makanan berskala kecil. Hasilnya pun tentu makanan tahan lama sesuai dengan waktu yang diharapkan.

4. Pengasaman
Pengolahan makanan yang satu ini masih jarang di dengar, namun ternyata teknik ini banyak dilakukan sejak lama oleh masyarakat daerah Asia. Anda pasti tahu kimchi, makanan khas Korea yang ternyata diawetkan dengan teknik pengasaman. Teknik ini juga ternyata bisa memperkaya nutrisi dalam makanan.

5. Fermetasi
Fermentasi merupakan proses pembuatan bahan pangan dengan cara mengubah karbohidrat menjadi alkohol dan asam amino organik dengan menggunakan bakteri, ragi, atau fungi. Makanan yang diproses secara fermentasi biasanya jauh lebih awet dibanding makanan biasa.


    Tags :


Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp