Panduan Mengukus Kerang, Cocok Untuk Pemula

By. Nevanda - 18 Aug 2023

Bagikan:
img

kateringmakanan.co.id - Mengukus kerang adalah metode memasak yang lezat dan relatif sederhana yang membantu mempertahankan rasa alaminya. Berikut ini beberapa tips untuk membantu Anda mengukus kerang dengan sempurna:

 

1.    Pilih Kerang Segar
Selalu mulai dengan kerang yang segar. Carilah kerang yang tertutup rapat atau tertutup saat Anda mengetuknya. Buang kerang yang retak, pecah, atau tidak menutup saat diketuk.


2.    Bersihkan dan sikat kulit kerang
Bilas kerang dengan air dingin yang mengalir untuk menghilangkan pasir, kotoran, atau teritip. Gunakan sikat untuk menggosok kotoran yang membandel. Sebagian besar kerang memiliki "jenggot" - untaian berserat yang menjulur keluar dari cangkangnya. Pegang jenggot dengan jari-jari Anda dan tarik perlahan ke arah engsel kerang untuk melepaskannya.


3.    Persiapan
Sebelum mengukus, pastikan Anda sudah menyiapkan semua bahan. Anda bisa menyiapkan kaldu atau cairan beraroma untuk mengukus kerang. Pilihan klasik termasuk anggur putih, bawang putih, bawang bombay, rempah-rempah (seperti peterseli atau timi), dan sedikit mentega atau minyak zaitun.

 

Baca juga: Cara Membuat Namasu: Salad ala Jepang


4.    Panci Pengukus
Gunakan panci besar dengan tutup yang rapat atau panci kukusan khusus. Pastikan panci tersebut cukup besar untuk menampung kerang tanpa terlalu penuh, yang dapat menyebabkan masakan tidak merata.


5.    Tambahan Bumbu
Tambahkan sekitar satu inci cairan perasa, seperti anggur, kaldu, dll., ke dasar panci. Anda juga bisa menambahkan bawang putih cincang, bawang bombay, rempah-rempah, dan bumbu untuk meningkatkan rasa uap.


6.    Proses Mengukus
Panaskan cairan di atas api sedang-tinggi hingga mendidih tapi tidak sampai mendidih. Susun kerang yang sudah dibersihkan di dalam panci dalam satu lapisan. Tutup panci dengan penutupnya.


7.    Waktu Pengukusan
Kukus kerang selama sekitar 5-7 menit. Kerang akan terbuka saat dimasak. Buang kerang yang tidak terbuka setelah dimasak, karena mungkin tidak aman untuk dimakan.

 

Baca juga: Hal Yang Dapat Dilakukan Saat Terjadi Keracunan Seafood


8.    Jangan Terlalu Lama Memasak
Berhati-hatilah untuk tidak memasak kerang terlalu lama, karena kerang bisa menjadi keras dan alot. Segera setelah cangkang kerang terbuka, maka kerang sudah siap diangkat.


9.    Sajikan Segera
 Setelah kerang terbuka, gunakan capit untuk memindahkannya ke mangkuk saji. Anda dapat menyaring cairan kukusan dan menuangkannya ke atas kerang jika diinginkan. Hiasi dengan bumbu segar dan perasan lemon untuk menambah rasa.


10.    Variasi 
Jangan ragu untuk berkreasi dengan rasa. Anda dapat menambahkan santan dan kari untuk sentuhan Thailand, atau tomat dan cabai untuk sentuhan Mediterania yang pedas.

 

Ingatlah bahwa keamanan adalah hal yang penting saat memasak hidangan laut. Selalu pastikan kerang dimasak dengan matang dan kerang yang tidak terbuka harus dibuang. Dengan tips ini, Anda akan dapat menikmati hidangan kerang kukus yang lezat dan beraroma.

 

Baca juga: Inilah Waktu Yang Tepat Untuk Menangkap Tuna Sirip Biru




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp