Metode Memasak yang Dapat Digunakan untuk Kakap Merah

By. Nevanda - 11 Sep 2023

Bagikan:
img

kateringmakanan.co.id - Daging ikan kakap merah serbaguna dan dapat diolah dengan berbagai cara yang lezat. Saat menyiapkan ikan kakap merah, selalu pastikan bahwa ikan kakap merah dimasak dengan suhu internal 145°F (63°C) untuk menjamin keamanannya untuk dimakan. Berikut ini beberapa metode populer untuk mengolah ikan kakap merah:

 

1.    Kakap Bakar
Membakar ikan kakap merah akan memberikan rasa berasap yang lezat. Bumbui ikan dengan bumbu favorit Anda, rempah-rempah, dan sedikit minyak zaitun, lalu panggang di atas api sedang-besar selama beberapa menit di setiap sisinya hingga dagingnya matang dan mudah mengelupas. 


2.    Kakap Panggang
Memanggang adalah cara yang sederhana dan sehat untuk memasak ikan kakap merah. Letakkan fillet kakap merah yang sudah dibumbui atau kakap merah utuh di loyang, taburi dengan minyak zaitun, dan panggang dalam oven yang sudah dipanaskan dengan suhu 175-190°C hingga daging ikannya mudah dipatahkan dengan garpu. Waktu pemanggangan akan tergantung pada ketebalan ikan.

 

Baca juga: 10 Fakta Ikan Kakap Merah yang Mengesankan


3.    Ceviche
Ceviche adalah cara yang menyegarkan untuk menikmati ikan kakap merah. Potong dadu ikan menjadi potongan-potongan kecil, lalu rendam dengan air jeruk nipis atau lemon dengan bawang bombay, tomat, daun ketumbar, dan cabai yang telah dipotong dadu. Diamkan di lemari es selama sekitar 30 menit untuk "memasak" dalam air perasan jeruk sebelum disajikan.


4.    Kakap Kukus
Mengukus adalah metode memasak sehat yang mempertahankan rasa kakap merah yang lembut. Kukus ikan dengan bumbu seperti jahe dan bawang putih hingga matang. Anda juga dapat menggunakan kukusan bambu atau keranjang kukus.


5.    Kakap Goreng
Untuk camilan yang renyah, Anda bisa menggoreng fillet ikan kakap merah. Baluri fillet dengan tepung terigu, telur, dan tepung roti atau tepung jagung, lalu goreng hingga berwarna cokelat keemasan dan renyah.

 

Baca juga: Jenis-Jenis Udang Budidaya yang Laris di Pasaran


6.    Tumis Kakap
Ikan kakap merah dapat ditumis dengan berbagai macam saus dan bumbu. Panaskan wajan dengan sedikit mentega atau minyak zaitun, tambahkan bumbu dan rempah-rempah yang Anda inginkan, lalu tumis fillet hingga matang dan berwarna kecokelatan.


7.    Kari Kakap
Siapkan bumbu kari yang lezat dan rebus fillet kakap merah dengan lembut di dalamnya sampai matang dan bumbu karinya meresap ke daging iakn. Sajikan di atas nasi atau dengan roti naan.


8.    Taco atau Tostada
Suwir daging kakap merah yang sudah dimasak dan gunakan sebagai isian taco ikan atau tostada. Taburi dengan salsa, selada, dan topping favorit Anda untuk mendapatkan sajian seafood yang lezat.

 

Bereksperimenlah dengan berbagai bumbu dan metode memasak untuk menemukan cara favorit Anda dalam menikmati ikan yang lezat ini. Semoga bermanfaat!

 

Baca  juga: Pelajari Potensi dari Bisnis Budidaya Udang




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp