Pilihan Jenis Ikan Terbaik untuk Diasap

By. Nevanda - 12 Sep 2023

Bagikan:
img

kateringmakanan.co.id - Ada beberapa jenis ikan yang cocok untuk dijadikan ikan asap karena tekstur daging mereka yang padat dan rasa yang lezat ketika meresapkan aroma dan rasa asap. Berikut ini adalah beberapa jenis ikan yang umumnya cocok untuk dijadikan ikan asap:


1.    Ikan Salmon
Salmon memiliki daging berlemak yang kaya akan omega-3, sehingga sangat cocok untuk dijadikan ikan asap. Ikan salmon asap sangat populer dan memiliki rasa yang lezat.


2.    Ikan Makarel
Makarel adalah ikan berlemak dengan rasa yang kuat. Ikan ini sering diasapkan dan digunakan dalam hidangan seperti sushi dan sashimi.


3.    Ikan Trout
Ikan trout memiliki daging yang mirip dengan salmon dan juga sering dijadikan ikan asap. Ada berbagai varietas trout yang dapat diasap.

 

Baca juga: Ketahui 11 Fakta Menarik Mengenai Gurita


4.    Ikan Herring
Ikan herring adalah ikan yang umum dijadikan ikan asap di berbagai negara, terutama di Eropa. Ikan ini digunakan dalam hidangan seperti rollmops dan terkenal karena rasa asinnya.


5.    Ikan Cakalang 
Ikan cakalang juga sering dijadikan ikan asap dan dikonsumsi dalam bentuk fillet asap. Rasanya cukup kuat dan cocok untuk hidangan seperti nasi goreng ikan asap.


6.    Ikan Cod
Ikan cod memiliki daging putih yang lembut dan umumnya memiliki rasa yang enak saat diasap.


7.    Ikan Sarden
Sarden sering diasapkan dan dikemas dalam kaleng. Produk ini adalah pilihan yang populer untuk hidangan cepat saji.

 

Baca juga: Mengetahui Situasi Konservasi Salmon Atlantik

 

Selain pilihan jenis ikan, pemilihan jenis kayu yang digunakan juga penting untuk mendapatkan hasil ikan asap terbaik dan memiliki rasa yang lezat. Jenis kayu yang berbeda dapat memberikan rasa yang berbeda pula pada ikan asap nantinya. Pilihan kayu yang umum digunakan antara lain kayu hickory, ek, alder, kayu pohon apel, dan kayu pohon ceri. 


Selain itu, metode pengasapan (pengasapan panas atau pengasapan dingin) dan durasi pengasapan akan mempengaruhi rasa dan tekstur akhir ikan asap. Pastikan juga untuk selalu mengikuti petunjuk pengasapan yang benar agar hasil akhirnya lezat dan aman untuk dikonsumsi.

 

Baca juga: Inilah 10 Manfaat Kesehatan dari Memakan Kakap Merah




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp