Inovasi Dalam Dapur: Menggoreng Kerupuk dengan Microwave yang Efisien

By. Afifah - 18 Sep 2023

Bagikan:
img

kateringmakanan.co.id - Kerupuk adalah camilan yang sangat populer di berbagai belahan dunia, khususnya di Indonesia. Namun, penggorengan kerupuk dalam minyak panas seringkali meningkatkan jumlah lemak dan kalori dalam camilan ini. Untuk menjaga kesehatanmu, Kamu dapat mencoba cara alternatif yang lebih sehat untuk memasak kerupuk menggunakan microwave. Dalam artikel ini, kami akan membagikan langkah-langkah sederhana untuk memasak kerupuk dengan microwave yang lebih sehat.

Baca juga: Inilah Tahapan dalam Pembuatan Kerupuk Ikan

Bahan yang Diperlukan:

Bahan yang diperlukan yaitu hanya kerupuk yang ingin dimasak

Langkah – Langkah:

1. Persiapan Kerupuk

Persiapan dilakukan dengan cara memilih kerupuk yang ingin kamu masak. Kamu dapat menggunakan berbagai jenis kerupuk, seperti kerupuk udang, kerupuk ikan, atau kerupuk tahu. Selanjutnya, pastikan kerupuk yang kamu pilih merupakan kerupuk yang bisa dimasak menggunakan microwave. Periksa kemasan atau instruksi pada label kerupuk untuk memastikan kerupuk tersebut cocok dimasak menggunakan microwave.

2. Penempatan Kerupuk

Kerupuk kemudian diletakkan di atas piring atau wadah yang aman untuk dimasukkan dalam microwave. Perlu dipastikan bahwa penempatan kerupuk tidak terlalu berjejer atau menumpuk satu sama lain. Hal tersebut bertujuan untuk memastikan proses pemasakan berjalan baik dan didapatkan kerupuk yang matang merata.

Baca juga: Beginilah Proses Pembuatan Kerupuk Udang

3. Memasak dengan Microwave

Pemasakan dilakukan menggunakan microwave dengan daya rendah hingga sedang. Jangan memasak kerupuk terlalu lama karena dapat membuat kerupuk bisa cepat gosong. Pemanasan kerupuk dapat dilakukan selama 20 – 30 detik pada setelan daya rendah hingga sedang. Periksa kerupuk setiap 10 detik untuk memastikan bahwa kerupuk tidak terlalu gosong.

4. Pengawasan Waktu

Jangan meninggalkan microwave tanpa pengawasan saat memasak kerupuk. Waktu memasak dapat bervariasi tergantung pada jenis kerupuk dan kekuatan microwave yang digunakan, jadi pastikan untuk mengawasinya dengan cermat.

5. Biarkan Dingin

Setelah matang, biarkan kerupuk dingin sebentar sebelum disajikan. Ini akan membantu kerupuk menjadi lebih renyah.

Memanaskan kerupuk dengan microwave adalah alternatif yang lebih sehat daripada menggorengnya dalam minyak panas. Dengan metode ini, kamu dapat menikmati kerupuk yang tetap lezat tanpa harus khawatir tentang lemak berlebih. Selain itu, kamu juga bisa mengurangi asupan kalori dan lemak, menjadikannya pilihan yang lebih sehat untuk camilan sehari-harimu. Ingatlah untuk tetap mengontrol porsi agar tetap sehat dan nikmat. Selamat mencoba!

Baca juga: 10 Rekomendasi Produk Camilan Kekinian yang Gluten-Free




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp