Sosis: Ketahuilah Kandungan Gizi Didalamnya

By. Afifah - 18 Sep 2023

Bagikan:
img

kateringmakanan.co.id - Sosis adalah produk olahan daging yang populer di seluruh dunia. Sosis menjadi makanan yang dapat dinikmati dengan bijak sebagai bagian dari diet yang seimbang. Sosis mengandung berbagai nutrisi penting seperti protein, lemak, dan karbohidrat. Dengan pemahaman yang baik tentang kandungan gizi pada sosis, kamu dapat membuat pilihan yang lebih sehat dan mengintegrasikan sosis ke dalam menu makananmu dengan cerdas. Berikut adalah kandungan gizi pada sosis sapi yang sudah dimasak:

Baca juga: Tips Memilih Sosis Berkualitas untuk Hidanganmu

1 Kalori

Kandungan kalori dalam sosis bervariasi tergantung pada jenis dan ukuran. Sosis lebih tinggi kalori jika mengandung lebih banyak lemak. Pada 100 gram sosis mengandung kalori sebesar 301 kkal

2 Protein

Sosis adalah sumber protein hewani yang baik. Protein adalah nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh untuk membangun dan memperbaiki jaringan. Pada 100 gram sosis dapat menyediakan sekitar 12 hingga 20 gram protein.

3 Lemak

Sosis sering mengandung lemak jenuh dan lemak tak jenuh. Lemak adalah sumber energi penting, tetapi konsumsi lemak jenuh yang berlebihan dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Maka penting untuk memilih sosis yang lebih rendah lemak. Dalam 100 gram sosis mengandung lemak sekitar 26,3 gram.

Baca juga: Eksplorasi Sosis: Menyelusuri Ragam Jenis Sosis di Dunia

4 Karbohidrat

Sosis biasanya memiliki sedikit karbohidrat. Ini membuatnya cocok untuk diet rendah karbohidrat atau ketogenik. Dalam 100 gram sosis, memiliki kandungan karbohidrat kurang lebih sebesar 1,3 gram.

5 Mineral

Sosis biasanya mengandung mineral berupa natrium, fosfor, kalsium dan zat besi. Kandungan natrium pada sosis cukup tinggi, yaitu sekitar 600 mg per 100 gram. Konsumsi natrium yang berlebihan dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi dan penyakit jantung. Oleh karena itu, sebaiknya konsumsi sosis dalam jumlah yang terbatas. Kandungan fosfor pada 100 gram sosis yaitu 150 mg. Sedangkan kandunagn kalsiumnya yaitu 12 mg serta zat besi sebesar 1,2 mg.

Kandungan gizi pada sosis dapat bervariasi tergantung pada jenis daging yang digunakan dan bahan tambahan yang ditambahkan dalam proses pembuatan sosis. Namun, secara umum, sosis mengandung nutrisi penting seperti protein, lemak, dan karbohidrat serta adanya kandungannatrium yang cukup tinggi. Sebaiknya konsumsi sosis dengan bijak dan seimbang dengan nutrisi lainnya untuk menjaga kesehatan tubuh.

Baca juga: Sosis: Mengenal Makanan Lezat Dibalik Selubung




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp