Mengidentifikasi Perbedaan Cakalang dan Tongkol

By. Nevanda - 22 Sep 2023

Bagikan:
img

kateringmakanan.co.idCakalang (Katsuwonus pelamis) dan Ikan Tongkol (Auxis thazard) adalah dua spesies ikan yang termasuk dalam keluarga Scombridae. Kedua ikan ini adalah ikan yang berbeda namun sering kali membingungkan karena penampilannya yang mirip, tetapi keduanya memiliki beberapa perbedaan utama:


1. Spesies

  • Cakalang: Cakalang, juga dikenal sebagai Katsuwonus pelamis, adalah spesies tuna yang termasuk dalam keluarga Scombridae. Ini adalah salah satu spesies tuna yang lebih kecil.
  • Ikan Tongkol: Ikan Tongkol, di sisi lain, termasuk dalam genus Auxis, dan salah satu spesies yang umum adalah Auxis thazard. Ikan Tongkol ini juga disebut sebagai tuna kecil.


2. Ukuran

  • Cakalang: Cakalang biasanya berukuran lebih kecil dari tuna fregat. Panjangnya biasanya mencapai panjang maksimum sekitar 76 cm dan beratnya bisa mencapai 10 kg.
  • Ikan Tongkol: Ikan Tongkol berukuran lebih besar dibandingkan dengan cakalang. Panjangnya bisa mencapai 89 cm dan beratnya bisa mencapai 18 kg.

 

Baca juga: Tips Terbaik untuk Memasak Lobster Segar


3. Warna

  • Cakalang: Cakalang memiliki punggung berwarna biru tua hingga ungu kehitaman dengan perut berwarna putih keperakan. Tuna ini juga memiliki garis-garis horizontal yang khas di sepanjang tubuhnya.
  • Ikan Tongkol: Ikan Tongkol memiliki punggung berwarna biru tua kehitaman dan perut berwarna putih keperakan. Namun, Ikan Tongkol ini tidak memiliki garis-garis horizontal yang menonjol seperti yang terlihat pada cakalang.


4. Habitat

  • Cakalang: Cakalang biasanya ditemukan di perairan tropis dan subtropis yang hangat di seluruh dunia. Tuna ini cenderung mendiami lapisan atas lautan dan sering dikaitkan dengan benda-benda yang mengambang seperti puing-puing atau rumput laut.
  • Ikan Tongkol: Ikan Tongkol juga mendiami perairan hangat, tetapi lebih sering ditemukan di lingkungan lepas pantai dan pelagis, dan cenderung ditemukan di kedalaman yang lebih dalam daripada cakalang.

 

Baca juga: Hati-hati dengan 8 Ikan Tinggi Merkuri Ini


5. Penangkapan Ikan dan Penggunaan Kuliner

  • Cakalang: Cakalang adalah salah satu spesies tuna yang paling penting secara komersial dan biasanya digunakan dalam produk tuna kalengan, serta untuk sashimi dan hidangan makanan laut lainnya.
  • Ikan Tongkol: Ikan ini juga sering ditangkap untuk diambil dagingnya, dan cukup populer di kalangan Masyarakat Indonesia.

 

Singkatnya, Ikan Cakalang dan Ikan Tongkol adalah spesies yang berbeda dengan perbedaan ukuran, warna, habitat, dan penggunaan kuliner. Masing-masing memiliki target pasarnya tersendiri dan keduanya merupakan ikan laut komersial yang populer.

 

Baca juga: 7 Hidangan Seafood Khas Indonesia, Sudahkah Mencoba?




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp