Cara Membuat Nugget Ayam Wortel Sendiri di Rumah dengan Mudah

By. Afifah - 29 Sep 2023

Bagikan:
img

kateringmakanan.co.id - Nugget ayam wortel adalah hidangan yang lezat dan sehat yang dapat dinikmati oleh semua anggota keluarga. Kombinasi antara daging ayam yang gurih dan wortel yang kaya vitamin membuatnya menjadi pilihan yang baik untuk camilan atau hidangan pendamping. Berikut adalah resep sederhana untuk membuat nugget ayam wortel di rumah.

Baca juga: Lebih Sehat! Ini Dia Cara Membuat Nugget Ikan di Rumah

Bahan-Bahan

250 gram dada ayam, giling

1 wortel besar, serut halus

1 bawang bombay, cincang halus

2 siung bawang putih, cincang halus

2 butir telur

1 sdm terigu

1 sdt kaldu ayam bubuk

1/4 sdt merica

1/2 sdt gula pasir

1 sdt garam

Pelapis

2 butir telur, kocok

Tepung maizena secukupnya

Tepung panir secukupnya

Cara Membuat

1. Persiapan Bahan

Siapkan dada ayam giling dalam mangkok besar, kemudian tambahkan wortel yang sudah diserut. Masukkan bawang bombay, bawang putih, merica, kaldu ayam, terigu, telur, gula pasir dan garam kedalam mangkok. Campur seluruh bahan hingga merata.

2. Proses Pengukusan Nugget

Baca juga: Kemanan Makanan: Waktu Simpan Ayam dalam Freezer

Siapkan Loyang yang telah dilapisi alas tahan panas dan diolehsi dengan sedikit minyak. Adonan nugget yang sudah tercampur rata dituang ke Loyang. Kemudian dikukus selama 30 menit hingga matang. Keluarkan loyang dan tunggu hingga dingin.

3. Proses Pencetakan

Nugget yang sudah dingin, dikeluarkan dari loyang, kemudian dipotong – potong sesuai selera. Siapkan semua bahan pelapis. Lapisi nugget dengan bahan pelapis dengan cara gulingkan nugget ke tepung maizena kemudian celupkan ke kocokan telur, lalu gulingkan ke tepung panir sambil ditekan – tekan agar tepung panir melekat sempurna. Nugget kemudian disimpan di dalam kulkas selama 15-30 menit agar adonan menempel sempurna.

4. Penggorengan Nugget

Panaskan banyak minyak goreng dalam wajan dengan api sedang-tinggi. Goreng nugget dalam minyak panas hingga kedua sisinya berwarna keemasan dan renyah. Angkat nugget dan letakkan di atas kertas tisu untuk menyerap kelebihan minyak.

5. Sajikan dan Nikmati

Nugget ayam wortel siap disajikan. Kamu bisa menikmatinya dengan saus tomat, saus sambal, atau saus pilihanmu.

Resep nugget ayam wortel ini tidak hanya enak tetapi juga memberikan manfaat nutrisi dari wortel dan daging ayam. Kamu dapat mengkreasikan hidangan ini sesuai selera kamu, dan pastikan untuk berbagi dengan keluarga dan teman-temanmu!

Baca juga: Bistik Daging Sapi Sederhana: Hidangan Praktis yang Mudah Dibuat di Rumah




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp