Squash vs Sirup: Apa Perbedaannya dan Mana yang Lebih Sehat?

By. Afifah - 06 Oct 2023

Bagikan:
img

kateringmakanan.co.id - Squash dan sirup adalah dua jenis minuman yang sering kali menimbulkan kebingungan, terutama karena keduanya sering digunakan untuk memberikan rasa pada air. Namun, keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan dalam komposisi, penggunaan, dan sifatnya. Dalam artikel ini, kita akan menjelaskan perbedaan antara squash dan sirup.

Baca juga: Matcha atau Green Tea: Mana yang Lebih Cocok untuk Kamu?

1. Komposisi

Squash adalah minuman yang terbuat dari campuran soda, gula, serta buah-buahan atau ekstrak buah. Sedangkan sirup adalah campuran gula dan air yang telah dimasak hingga mengental. Biasanya ditambahkan perasa dan pewarna buatan sehingga tidak ada buah alami atau ekstrak buah-buahan, Perbedaan utama antara squash dan sirup adalah komposisinya. Squash mengandung ekstrak buah atau rasa buah, sementara sirup adalah campuran gula dan air.

2. Tekstur yang Berbeda

Squash memiliki konsistensi tekstur yang lebih cair dibandingkan dengan sirup. Hal itu disebabkan oleh kandungan gula yang lebih rendah pada squash dibanding dengan sirup.

3. Rasa

Squash memiliki rasa yang cenderung lebih segar dan sedikit asam karena mengnadung campuran ekstrak buah asli, sementara sirup memiliki rasa yang lebih manis karena adanya kandungan gula yang lebih tinggi.

Baca juga: Konsumsi Teh Sereh: Manfaat Kesehatan yang Perlu Kamu Tau

4. Kandungan Gula

Kandungan gula pada squash cenderung lebih rendah daripada sirup karena penggunaan sari buah asli yang lebih dominan. Sedangkan sirup memiliki kadar gula yang lebih tinggi karena umumunya memiliki komposisi yang terdiri atas gula, air, pewarna dan perasa makanan.

5. Cara Penyajian

Sirup seringkali diminum secara langsung dengan cara mencampurnya dengan air dan es, sehingga dapat menjadi minuman yang menyegarkan. Sirup juga sering digunakan sebagai pemanis dalam pembuatan kue, es krim, dan hidangan penutup lainnya. Sementara squash biasanya dicampur dengan air soda atau air dingin sebelum dikonsumsi. Squash juga dapat digunakan sebagai campuran dalam koktail atau minuman beralkohol.

Pilihan antara squash dan sirup tergantung pada preferensi rasa dan penggunaan yang diinginkan. Squash biasanya memberikan rasa buah yang lebih kuat dan dapat digunakan untuk menciptakan minuman buah yang segar, sementara sirup lebih umum digunakan sebagai pemanis dalam berbagai minuman dan makanan.

Baca juga: Cara Membuat Kombucha Bunga Telang dengan Bahan-bahan Sederhana




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp