Genjer Sayuran Rawa yang Dapat Meningkatkan Produksi Kolagen

Genjer Sayuran Rawa yang Dapat Meningkatkan Produksi Kolagen

Spread the love

Genjer merupakan tumbuhan air sehingga Anda bisa menemukannya di rawa atau sekitaran sawah. Sayuran berwarna hijau ini mempunyai nama latin Limnocharis flava. Selain disebut sebagai sayuran genjer, sebutan lainnya di negara lain adalah sawah lettuce atau yellow sawah lettuce. Tanaman genjer hidup di tanah berair, seperti rawa atau sawah. Daunnya seperti dilapisi lilin dan batangnya berongga. Sering kali, genjer dianggap gulma bagi padi yang ditanam; meski sebenarnya tak menyebabkan kerusakan.

Daun genjer umumnya dimasak dengan cara ditumis. Tak kalah dengan jenis sayur-mayur lainnya, genjer memiliki kandungan gizi yang bermanfaat untuk tubuh.Tanaman genjer kaya akan protein, lemak, karbohidrat, serat, dan mineral. Nilainya bahkan cukup tinggi jika dibandingkan sawi hijau dan bayam. Berikut adalah manfaat atau khasiat dari sayuran genjer untuk tubuh:

1. Membantu meningkatkan produksi kolagen
Vitamin C dalam daun genjer juga dapat mendorong produksi kolagen yang berperan penting dalam membangun dan mendukung banyak jaringan ikat, seperti rambut, kulit, dan kuku.Karena memicu produksi kolagen, maka vitamin C juga turut mempercepat penyembuhan luka.

2. Menjaga keseimbangan tekanan darah
Makanan seperti sayuran genjer yang kaya kandungan kalium mempunyai manfaat atau khasiat untuk menjaga keseimbangan tekanan darah. Dikutip dari Medline Plus, kalium merupakan salah satu jenis mineral yang berfungsi untuk membantu kinerja saraf dan otot. Selain itu, kalium juga membantu menetralisir efek natrium yang berbahaya melalui urine sehingga tekanan darah tetap seimbang. Maka dari itu, Anda bisa merasakan manfaat serta khasiat kalium dari sayuran genjer yang dapat meredakan ketegangan dinding pembuluh darah. Terutama bagi Anda dengan kondisi hipertensi.

3. Memelihara kesehatan tulang dan gigi
Kalsium dan fosfor dibutuhkan untuk menjaga kekuatan tulang dan gigi. Sebagai mineral yang tidak diproduksi secara mandiri oleh tubuh, Anda harus mengonsumsi makanan yang mengandung kedua gizi tersebut. Tak hanya terkandung di susu, kalsium dan fosfor juga ada di dalam genjer. Konsumsi dalam jumlah yang tepat agar gigi dan tulang kuat, serta terhindar dari osteoporosis.

4. Mengurangi risiko anemia
Manfaat genjer yang satu ini berasal dari zat besi yang terkandung. Bila kekurangan zat besi, maka tubuh tidak mampu melakukan pembentukan sel darah merah yang cukup. Akibatnya, Anda pun mengalami gejala anemia, seperti kelelahan dan nafas pendek.

5. Melancarkan pencernaan
Daun genjer memiliki kandungan serat yang cukup tinggi sehingga dapat membantu melancarkan pencernaan dan mencegah Anda terkena sembelit. Manfaat genjer yang didapatkan dari kandungan seratnya ini bahkan juga dianggap berpotensi dalam mencegah kanker usus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *