Manfaat Beras Merah Untuk Tubuh

Manfaat Beras Merah Untuk Tubuh

Bagikan ke

Bagi masyarakat Indonesia beras merupakan makanan pokok sehari- hari. Menurut data BPS tahun 2020 Jika dikonversikan menjadi beras untuk konsumsi pangan penduduk, produksi beras pada 2020 sebesar 31,33 juta ton. Pada tahun 2021 trend mengkonsumsi beras merah sebagai peganti beras putih semakin tinggi, hal ini didasari karena kandungan nutrisi beras merah lebih baik dibanding dengan beras putih. Berikut manfaat mengkonsumsi beras merah untuk tubuh :

1. Melawan radikal bebas
Kandungan antosianin yang terdapat dalam beras merah termasuk ke dalam golongan antioksidan kuat. Antioksidan adalah senyawa yang mampu melindungi tubuh dari stres oksidatif akibat radikal bebas. Jika berlarut-larut, stres oksidatif dapat merusak sel dan jaringan, serta menyebabkan peradangan. Tak hanya itu, sebuah penelitian dari Jepang terbitan Asian-Australasian Journal of Animal Sciences menemukan kandungan antioksidan flavonoid pada beras merah lebih tinggi dari beras cokelat, sehingga kerjanya juga lebih efektif untuk melawan efek radikal bebas dalam tubuh.

2. Menurunkan kolesterol
Salah satu kandungan pada beras merah yang memiliki manfaat untuk membantu menurunkan kolesterol adalah serat. Mengonsumsi serat dipercaya dapat membantu mengurangi penyerapan kolesterol ke dalam aliran darah. Sementara itu, kandungan serat pada beras merah lebih tinggi dibanding pada beras putih. Jadi, mengonsumsi beras merah setiap hari dianggap lebih efektif untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah bila dibandingkan mengonsumsi beras putih. Menurut Jurnal Litbang Penelitian yang dipublikasikan tahun 2005, ekstrak larutan beras merah dapat menunjang kemampuan tubuh dalam mengatur kadar kolesterol dalam darah. Larutan beras merah mengandung asam amino, asam lemak tak jenuh, dan sterol yang bisa mengurangi pembentukan kolesterol dalam hati. Beras merah bisa menurunkan kadar kolesterol total hingga 23%, kolesterol LDL hingga 28,60%, dan trigliserida 36,50%. Selain itu, tercatat beras merah bisa menaikan kadar kolesterol baik yaitu kolesterol HDL sebesar 19,60%.

3. Mencegah penyakit jantung
Tingginya kadar kolesterol di dalam darah meningkatkan risiko penyakit jantung. Pasalnya, jumlah kadar kolesterol jahat (LDL) yang terlalu tinggi dalam darah dapat memicu terjadinya pembentukan plak pada dinding arteri. Jika sudah demikian, plak tersebut dapat menyumbat pembuluh arteri koroner dan menyebabkan serangan jantung. Oleh sebab itu, menurunkan kadar kolesterol dalam darah akan berpotensi mengurangi risiko penyakit jantung. Sementara itu, mengonsumsi beras merah secara rutin dapat memberikan manfaat untuk menurunkan kadar kolesterol.
Saat kadar kolesterol jahat dalam tubuh bisa terkendali, kesehatan jantung Anda pun meningkat. Artinya, mengonsumsi beras merah juga dapat membantu mencegah Anda mengalami berbagai penyakit jantung karena beras merah mengandung antosianin yang merupakan sumber pewarna dari biji-bijian dan buah-buahan. Zat ini diketahui sebagai antioksidan yang bermafaat untuk mencegah penuaan, menangkal radikal bebas, serta mencegah berbagai penyakit, seperti penyakit kardivaskuler.

4. Menurunkan kadar gula darah
Terlalu banyak mengonsumsi nasi putih ternyata dapat berpengaruh terhadap kadar gula darah di dalam tubuh. Sebuah penelitian yang dalam jurnal Nutrients menyatakan, kemungkinan hal tersebut membuat sebagian masyarakat Asia mulai beralih ke nasi merah. Nasi yang terbuat dari beras merah memang memiliki indeks glikemik yang lebih rendah, bila Anda bandingkan dengan nasi putih. Beras merah tidak akan membuat gula darah Anda meningkat setelah Anda makan. Sebuah studi menunjukkan bahwa memakan tiga porsi beras merah dalam sehari bisa menurunkan resiko diabetes tipe 2 hingga 32%. Beras merah tentu bisa menjadi solusi bagi Anda yang memiliki resiko terkena diabetes atau sudah menderita diabetes tipe 2. Sebagai perbandingan, beras putih meningkatkan resiko terkena diabetes tipe 2 hingga 17%.

5. Mengurangi risiko obesitas
Selain membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah, ternyata kandungan serat dalam beras merah memiliki khasiat untuk mengurangi risiko obesitas. Bahkan, tidak sedikit yang lebih memilih beras merah saat hendak menurunkan berat badan Alasannya, beras merah yang memiliki kandungan serat yang lebih banyak bisa Anda bandingkan dengan beras putih. Hal ini membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Tak heran jika mengonsumsi nasi beras merah memiliki manfaat dalam mencegah risiko obesitas, hingga menurunkan berat badan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *