Markisa Buah Penguat Daya Tahan Tubuh dan Tinggi Antioksidan

Markisa Buah Penguat Daya Tahan Tubuh dan Tinggi Antioksidan

Spread the love

Markisa adalah buah dari tanaman tropis yang dikenal sebagai Passiflora. Tanaman ini tumbuh di negara beriklim hangat seperti Australia, India, dan Indonesia. Ada dua jenis markisa yang banyak ditemukan di Indonesia, yaitu markisa ungu (Passiflora edulis) dan markisa kuning (Passiflora flavicarpa).

Buah markisa ungu merupakan yang paling banyak dibudidayakan karena rasanya paling lezat dengan aromanya yang wangi. Biasanya, buah ini dapat ditemukan di kawasan dataran tinggi dengan iklim basah. Sementara itu, markisa kuning merupakan mutasi dari markisa ungu. Markisa kuning berukuran lebih besar dan rasanya lebih kecut. Markisa kuning tumbuh lebih subur di kawasan dataran rendah atau beriklim hangat.

Buah markisa mengandung beragam nutrisi yang penting bagi tubuh, seperti vitamin A, vitamin C, karbohidrat kompleks, serat, zat besi, dan kalium. Selain itu, buah ini juga mengandung beberapa nutrisi lain dalam jumlah kecil, seperti riboflavin, vitamin B3, vitamin B6, magnesium, fosfor, dan folat. Kandungan inilah yang membuat buah markisa menjadi buah yang menyehatkan. Berikut ini adalah beberapa manfaat buah markisa yang baik untuk kesehatan:

1. Menguatkan daya tahan tubuh
Buah dan sayuran, termasuk buah markisa, mengandung vitamin C, beta-karoten, dan polifenol yang berperan sebagai antioksidan. Nutrisi dan antioksidan pada buah markisa ini dapat memperkuat daya tahan tubuh, sehingga Anda tidak mudah terserang penyakit, khususnya penyakit infeksi (misalnya flu dan pilek).

2. Tinggi antioksidan
Antioksidan berperan dalam menangkal radikal bebas yang berbahaya untuk sel tubuh manusia. Radikal bebas ini ternyata juga mampu membuat wajah mengalami penuaan dini. Jadi, mengonsumsi markisa bermanfaat untuk wajah agar tetap sehat.Manfaat buah markisa lainnya adalah menjadi sumber antioksidan yang membantu untuk melancarkan peredaran darah. Beberapa antioksidan yang ada dalam buah markisa adalah beta karoten, polifenol, dan vitamin C.

3. Menjaga kadar gula darah
Buah markisa adalah salah satu jenis buah yang memiliki indeks glikemik yang rendah. Selain itu, kandungan nutrisi dan antioksidan yang tinggi pada buah markisa ternyata bermanfaat untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil. Manfaat buah markisa ini dibuktikan oleh beberapa studi yang menyatakan bahwa ekstrak buah markisa terlihat dapat meningkatkan kinerja insulin dan mencegah diabetes.

4. Membantu menurunkan berat badan
Buah markisa dapat membantu menurunkan berat badan karena rendah kalori, natrium, dan lemak. Kandungan seratnya juga membuat Anda kenyang lebih lama sehingga mencegah kemungkinan untuk makan berlebihan. Tak hanya itu, markisa kaya akan karbohidrat kompleks dan gula alami yang membantu menurunkan kadar kolesterol. Buah berwarna cerah ini juga dapat mempercepat proses pemulihan tubuh dengan memenuhi asupan energi akibat berolahraga.

5. Mengurangi kecemasan
Manfaat buah markisa selanjutnya dapat dirasakan akibat kandungan magnesiumnya. Kandungan buah markisa kaya akan magnesium yang berperan dalam mengurangi rasa cemas dan stres. Dikutip dari riset terbitan Nutrients, magnesium ditemukan mampu membantu mengurangi kecemasan, tetapi penelitian lebih lanjut masih dibutuhkan untuk mengetahui secara pasti.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *