Sirsak Buah Pencegah Kanker

Bagikan ke

Sirsak (Annona Muricata) adalah buah yang bisa ditemukan di negara beriklim tropis, seperti Indonesia. Sirsak memiliki rasa yang khas, sedikit asam, dagingnya kenyal, berwarna putih, dan menyegarkan. Rasanya yang segar, membuat sirsak sering digunakan sebagai jus atau topping di dalam sop buah. Uniknya, manfaat sirsak tidak hanya terdapat pada daging, tetapi daun dan batangnya sering digunakan sebagai pengobatan tradisional. Berkat kandungan nutrisinya, buah sirsak diyakini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Berikut ini adalah beberapa manfaat buah sirsak yang perlu Anda ketahui:

1. Meningkatkan daya tahan tubuh
Kandungan vitamin C dan antioksidan yang terdapat di dalam buah sirsak berperan sebagai antioksidan yang membantu menangkal radikal bebas di dalam tubuh serta mengurangi risiko untuk terkena penyakit kronis, seperti diabetes dan hipertensi. Selain itu, kandungan nutrisi pada buah sirsak juga diketahui dapat menjaga daya tahan tubuh agar tetap kuat melawan penyakit infeksi.

2. Mengandung molekul antioksidan
Molekul dengan sifat antioksidan dapat menangkal radikal bebas, atom tidak stabil yang dapat merusak sel dan menyebabkan penyakit berbahaya. Sirsak, yang enak dimakan, juga merupakan salah satu sumber antioksidan yang baik.Beberapa jenis molekul antioksidan di sirsak, yakni: Tannin, Saponin, Fitosterol, Flavonoid, dan Anthraquinone.

3. Memiliki sifat anti-inflamasi
Inflamasi sebenarnya merupakan mekanisme tubuh untuk melawan infeksi. Walau begitu, inflamasi yang kronis dapat memicu berbagai penyakit. Beberapa penelitian yang dilakukan pada hewan, disimpulkan bahwa sirsak berpotensi mengurangi pembengkakan, serta membantu meringankan inflamasi atau peradangan yang biasa ditemukan pada asam urat hingga hipertensi.

4. Mencegah pertumbuhan sel kanker
Di dalam buah sirsak, terkandung antioksidan dan beragam zat kimia lain yang memiliki sifat antikanker. Beberapa studi di laboratorium menunjukkan bahwa ekstrak buah dan daun sirsak terlihat dapat menghambat pertumbuhan berbagai jenis sel kanker, seperti kanker payudara, prostat, usus besar, hati, ginjal, dan mulut.

5. Menghilangkan stres
Teh sirsak telah digunakan untuk menghilangkan stres dan insomnia. Berdasarkan penelitian yang dilakukan Rutgers University Libraries, sifat antiradang pada sirsak bisa menenangkan seseorang yang sedang sulit tidur. Hormon stres dalam tubuh bisa mengganggu dan merusak metabolisme tubuh. Selain membantu menghilangkan stres, efek menenangkan tersebut dapat membantu Anda untuk mengatasi insomnia.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *