10 Manfaat Kurma bagi Kesehatan

By. Novian - 13 Mar 2023

Bagikan:
img

kateringmakanan.co.id - Kurma (phoenix dactylifera) merupakan buah yang biasa dimakan saat bulan puasa. Kurma menjadi tanaman buah tertua yang tumbuh di daerah kering. Kandungan pada kurma diyakini dapat mengembalikan energi dan menggantikan elektrolit yang hilang selama berpuasa.

Kurma mengandung potasium yang memiliki manfaat dalam pengaturan detak jantung, aktivitas otak, dan untuk mengurangi kelelahan pasca aktivitas. Kurma juga merupakan sumber energi langsung karena mengandung banyak gula berupa fruktosa dan glukosa. Sampai saat ini, manfaat kurma yang paling utama yakni dapat menjadi sumber energi. Namun nyatanya, kurma juga memiliki keunggulan lain.

Baca juga: Manfaat Buncis untuk Menjaga Kesehatan Janin

Berikut Manfaat Kurma untuk Kesehatan: 

1. Melancarkan sistem pencernaan 

Berkat kandungan serat kurma, Anda dapat terhindar dari sembelit dan buah ini dapat membuat buang air besar lebih teratur.

2. Mencukupi kebutuhan nutrisi dan kalori 

Sebagian besar kalori pada kurma berasal dari karbohidrat dan sisanya dari protein. Meski kurma tinggi kalori, kurma juga kaya akan vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. 

3. Pencegahan penyakit kronis 

Manfaat konsumsi kurma setiap hari adalah dapat mencegah beberapa penyakit kronis berkat antioksidan yang terkandung dalam kurma. 

4. Stabilisasi gula darah dan pengganti gula yang lebih sehat 

Berkat rasanya yang manis, kurma dapat digunakan sebagai pengganti gula putih. Meski penelitian masih diperlukan, kurma dipercaya dapat meningkatkan kesehatan tulang dan membantu mengatur gula darah. 

5. Sebagai menu tambahan dalam diet 

Kurma dapat dimakan langsung atau bersama dengan makanan sehat lainnya seperti kacang almond, keju, oat, dll. Namun karena kalorinya cukup tinggi, Anda tidak perlu menambahkan makanan/minuman terlalu banyak. 

Baca juga: Tahu Sudah Ada Sejak Zaman Dinasti Han

6. Menggantikan elektrolit yang hilang 

Kurma baik untuk menguatkan tubuh dan membentuk otot karena tinggi akan kalium yang merupakan salah satu elektrolit yang dibutuhkan tubuh. 

7. Melindungi tubuh dari peradangan 

Agar tubuh terlindungi dari peradangan diperlukan antioksidan yang cukup yaitu polifenol. Kurma mengandung banyak polifenol dibandingkan dengan buah lainnya. 

8. Meningkatkan kesuburan 

Kurma mengandung asam amino dan seng. Kurma dapat meningkatkan kesuburan pada wanita dan pria. 

9. Mencegah anemia 

Makan kurma setiap hari meningkatkan produksi sel darah merah karena kandungan zat besinya. Karena kurma sering dikeringkan, maka kalorinya lebih tinggi dibandingkan dengan buah lainnya. Ini mirip dengan kismis dan buah ara. Tubuh Anda membutuhkan kalori untuk berfungsi dengan baik. Tanpa energi yang cukup, sel-sel tubuh pasti akan terganggu. 

10. Membantu mencukupi kebutuhan gizi 

Kurma mengandung vitamin dan mineral. Mulai dari vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin E, vitamin K dan zat besi, kalsium, magnesium, dan potasium. 

Baca juga: Pisang Buah Tropis yang Banyak Manfaat




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp