Pencegahan Obesitas Pada Broiler Bagi Peternak

By. Agritio Amanusa - 20 Mar 2023

Bagikan:
img

kateringmakanan.id - Obesitas merupakan salah satu  penyakit tidak menular pada ayam broiler yang harus dihindari oleh peternak, karena kondisi ini menyebabkan penurunan kualitas daging dan kesehatan ayam broiler. Untuk menghindari ayam broiler terkena obesitas, peternak dapat melakukan langkah sebagai berikut:

Baca Juga: Kenali dan Cegah Marek Disease Maupun Infectious Bronchitis Pada Broiler

1. Memperhatikan nutrien dan kebutuhan pakan

 Ayam broiler dapat mengalami obesitas jika diberi pakan yang melebihi kebutuhan pakan dan diberi pakan dengan kandungan lemak yang tinggi. Sebaiknya sesuaikan pemberian lemak dengan memperhatikan kebutuhan lemak ayam broiler sesuai strain yang dipelihara.

2. Mengatur pola makan

Pola makan yang tidak teratur berdampak pada kelebihan berat badan pada ayam broiler. Oleh karena itu, sebaiknya ayam broiler diberi pakan secara teratur dan dengan jumlah yang sesuai.

Baca Juga: Kenali Kolera dan Coryza Pada Ayam Broiler

3. Memperhatikan kesehatan ayam

Ayam broiler yang dijaga kesehamtannya akan lebih aktif dalam bergerak, sehingga kelebihan berat badan dapat dicegah. Pastikan ayam broiler diberikan vaksinasi dan perawatan yang baik untuk mencegah penyakit dan menjaga kesehatannya.

4. Memberikan ruang gerak yang cukup

Ayam broiler yang memiliki ruang gerak yang cukup akan lebih aktif dan bergerak, sehingga risiko kelebihan berat badan dapat dicegah. Tingkat kepadatan kandang harus diperhatikan untuk memastikan ruang gerak yang cukup untuk ternak.

Baca Juga: Ketahui Penyebab Terjadinya Penyakit Pada Broiler

Dengan menerapkan beberapa cara di atas, obesitas pada ayam broiler dapat dicegah dan ayam broiler dapat tumbuh sehat dan produktif.




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp