Kenali Ramuan Herbal Untuk Ayam Broiler

By. Agritio Amanusa - 21 Mar 2023

Bagikan:
img

kateringmakanan.co.idAyam broiler  biasanya memiliki kelemahan berupa rentannya ternak terjangkit penyakit, terutama penyakit pernapasan dan pencernaan. Obat kimia sering digunakan untuk mengobati ayam broiler yang terkena penyakit, namun, penggunaan obat-obatan kimia secara tidak langsung dapat menyebabkan efek samping yang merugikan dan dapat merusak lingkungan. Bahan herbal dapat digunakan sebagai opsi dari penggunaan bahan kimia untuk mencegah dan mengobati penyakit pada ayam broiler. Bahan tersebut meliputi:

Baca Juga: Kenali dan Cegah Marek Disease Maupun Infectious Bronchitis Pada Broiler

1. Daun sirsak
Daun sirsak mengandung senyawa antioksidan, antikanker, dan antiinflamasi. Senyawa tersebut berperan positif untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh ayam serta mencegah infeksi penyakit.

2. Jahe
Jahe memiliki sifat antibakteri, antivirus, dan antiinflamasi. Jahe berperan positif dalam mencegah infeksi penyakit pada ayam broiler serta membantu meningkatkan pencernaan ayam.

Baca Juga: Kenali Kolera dan Coryza Pada Ayam Broiler

3. Kunyit
Kunyit mengandung senyawa kurkumin yang memiliki sifat antikanker, antiinflamasi, dan antibakteri. Senyawa tersebut dapat berperan positif untuk mencegah infeksi penyakit pada ayam broiler dan juga membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh ayam.


4. Temulawak
Temulawak mengandung senyawa kurkuminoid yang memiliki sifat antiinflamasi dan antibakteri. Senyawa-senyawa ini dapat membantu mencegah infeksi penyakit pada ayam broiler dan juga membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh ayam.

Baca Juga: Ketahui Cekaman Panas dan Dampaknya Pada Broiler




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp