Alasan Pentingnya Vaksinasi Broiler

By. Agritio Amanusa - 21 Mar 2023

Bagikan:
img

kateringmakanan.co.id -  Berbagai penyakit menular yang dapat menjangkit ayam broiler seperti Newcastle Disease, Infectious Bronchitis, Avian Influenza, dan sebagainya dapat dicegah melalui pemberian vaksin. Berikut ini merupakan beberapa alasan mengapa vaksinasi sangat penting pada ayam broiler:

Baca Juga: Dampak Cekaman Pada Kualitas Daging Broiler

1. Mencegah Penyebaran Penyakit
Vaksinasi dapat membantu mencegah penyebaran penyakit pada ayam broiler. Dengan memberikan vaksin, ayam akan memiliki kekebalan terhadap penyakit sehingga resiko terserang penyakit akan berkurang . Hal Ini dapat membantu mengurangi potensi penyebaran penyakit dari ayam yang terinfeksi ke ayam yang sehat.

2. Menjaga Kesehatan Ayam
Vaksinasi dapat membantu menjaga kesehatan ayam broiler dengan mengurangi kemungkinan terjadinya infeksi. Ketika ayam sehat, produktivitas ayam akan optimal sehingga menghasilkan daging yang lebih banyak. Kondisi yang buruk pada ayam broiler akan mengurangi efisiensi dan produktivitas, sehingga dapat merugikan bagi peternak.

Baca Juga: Kenali dan Cegah Marek Disease Maupun Infectious Bronchitis Pada Broiler

3. Mengurangi Biaya Perawatan
Vaksinasi dapat membantu mengurangi biaya perawatan ayam broiler. Biaya untuk mengobati penyakit pada ayam bisa sangat mahal dan dapat menyebabkan kerugian besar bagi peternak. Dengan mencegah penyakit melalui vaksinasi, peternak dapat mengurangi biaya perawatan dan mengoptimalkan keuntungan.

4. Meningkatkan Keamanan Pangan
Vaksinasi pada ayam broiler juga dapat membantu meningkatkan keamanan pangan. Ayam yang terkena penyakit dapat menyebarkan bakteri dan virus ke daging mereka. Jika daging tersebut dimakan, maka bisa menyebabkan penyakit pada manusia. Dengan mencegah penyakit pada ayam melalui vaksinasi, maka daging ayam akan menjadi lebih aman untuk dikonsumsi.

Baca Juga: Kenali Kolera dan Coryza Pada Ayam Broiler

5. Menjaga Kesehatan Lingkungan
Vaksinasi juga dapat membantu menjaga kesehatan lingkungan. Ayam yang terkena penyakit dapat mengeluarkan kotoran yang mengandung virus dan bakteri ke lingkungan sekitarnya. Hal ini bisa menyebabkan penyebaran penyakit ke lingkungan dan menjadi masalah kesehatan masyarakat. Dengan mencegah penyakit pada ayam melalui vaksinasi, kita dapat membantu menjaga kesehatan lingkungan.




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp