Ketahui Penyakit Zoonosis Pada Broiler

By. Agritio Amanusa - 21 Mar 2023

Bagikan:
img

kateringmakanan.co.id - Terdapat beberapa penyakit yang dapat menular dari ayam pedaging ke manusia, atau disebut juga sebagai zoonosis. Berikut merupakan contoh dari beberapa penyakit zoonosis: 

Baca Juga:  Dampak Cekaman Pada Kualitas Daging Broiler

1. Salmonellosis
Salmonellosis adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri Salmonella. Ayam pedaging dapat terinfeksi oleh bakteri tersebut dan menularkan ke manusia melalui daging ayam yang tidak dimasak secara sempurna atau melalui kontak dengan ayam yang terinfeksi. Gejala yang muncul pada manusia meliputi mual, muntah, diare, demam, dan sakit kepala.

2. Campylobacteriosis
Campylobacteriosis merupakan penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri Campylobacter jejuni. Bakteri ini dapat ditemukan di usus ayam dan dapat menyebar melalui ekskreta (kotoran) ayam. Manusia dapat terinfeksi dengan mengkonsumsi daging ayam yang tidak matang sempurna atau melalui kontak langsung dengan ayam yang terinfeksi. Gejala yang muncul pada manusia meliputi: diare, sakit perut, dan demam.

Baca Juga: Kenali dan Cegah Marek Disease Maupun Infectious Bronchitis Pada Broiler

3. Avian influenza (flu burung)
Avian influenza atau flu burung adalah penyakit yang disebabkan oleh virus influenza tipe A. Ayam pedaging dapat terinfeksi dan menularkan virus ini ke manusia melalui kontak langsung atau tidak langsung. Gejala yang muncul pada manusia meliputi: demam, sakit kepala, nyeri otot, batuk, dan sesak napas.

4. Encephalitis arbovirus
Encephalitis arbovirus adalah penyakit yang disebabkan oleh virus yang ditularkan oleh nyamuk. Virus ini dapat ditularkan ke ayam dan manusia melalui gigitan nyamuk. Gejala yang muncul pada manusia meliputi: demam, sakit kepala, mual, muntah, dan kejang.

Baca Juga: Pengertian dan Cara Vaksinasi Ayam Broiler

5. Toxoplasmosis
Toxoplasmosis adalah penyakit yang disebabkan oleh parasit Toxoplasma gondii. Ayam pedaging dapat terinfeksi dan menularkan parasit ini ke manusia melalui daging ayam yang tidak dimasak sempurna. Gejala yang muncul pada manusia meliputi demam, sakit kepala, pembesaran kelenjar getah bening, dan kelelahan.

Untuk mencegah penularan penyakit dari ayam pedaging ke manusia, diperlukan beberapa langkah pencegahan seperti memasak daging ayam dengan sempurna, mencuci tangan dengan sabun setelah bersentuhan dengan ayam atau produk ayam, menjaga kebersihan peternakan, dan memberikan vaksinasi pada ayam. Selain itu, perlu juga diingat bahwa mengonsumsi daging ayam yang sudah kadaluarsa juga dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Oleh karena itu, selalu pastikan untuk membeli dan mengonsumsi daging ayam yang segar dan berkualitas baik.




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp